Polisi Luncurkan SIM C1 untuk Tingkatkan Kompetensi Pemotor

Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Polisi Aan Suhanan menyebutkan peluncuran Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk meningkatkan kompetensi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

“Kompetensi mengemudi ini menjadi sangat penting, kalau saya ibaratkan jalan raya ini hutan rimba, di situ ada ular kobra, ada ular piton, ada binatang buas, ada kalajengking, yang setiap saat akan memangsa kita,” katanya saat ditemui di Jakarta, Senin.

Begitu juga jalan. “Kita sudah punya kompetensi, kompetensi itu kan ada ‘skill’-nya, nanti diuji oleh satpas ini. Bagaimana keterampilan mengemudi kendaraan roda dua yang CC-nya 250 ke atas,” katanya.

Aan juga menjelaskan sebenarnya aturan SIM C1 ini sudah ada peraturannya sejak 2021 namun baru direalisasikan tahun ini.

“Karena kita ingin memastikan betul sistem dan lain sebagainya ini bisa kita implementasikan pada saat nanti setelah ‘launching’. Sekaligus juga kita ingin memastikan bahwa adanya perbedaan antara kompetensi SIM C dan SIM C1,” katanya.

Aan juga menambahkan adanya penyesuaian ujian SIM itu. Nantinya ada tiga jenis SIM sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Ujian SIM C1 itu 250-500cc, nanti berikutnya setahun yang akan datang, kita akan ‘launching’ SIM C2 itu 500cc ke atas,” katanya.

Aan juga menambahkan peluncuran SIM C1 menjadi sangat penting karena minimal dapat mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi di jalan.

“Peragaan kompetensi yang baik, ‘attitude’:yang baik. Ini sedikit banyak akan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di jalan,” katanya.

Hal ini juga diharapkan berkontribusi dalam rangka menciptakan pengemudi yang berkeselamatan dan dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Karena nanti yang mendapatkan SIM, baik itu C1 maupun C2, betul-betul para pengemudi yang sudah punya ‘skill’, punya ‘knowledge’ dan punya ‘attitude’ yang baik,” katanya.

Peluncuran SIM C1 di Satpas Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
dan Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus.

Selain itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Suyudi Ario Seto, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman dan juga PJU Mabes Polri dan PJU Polda Metro Jaya serta Komunitas Motor Besar.

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1923 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *