KPU Berau Lantik Anggota PPS, PPK Belum Punya Sekretariat

benuanta.co.id, BERAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyukseskan Pilkada 2024.

Ketua KPU Berau Budi Harianto mengatakan, pelantikan PPS se-Kabupaten Berau itu mewakili 330 orang yang terpilih dan ada 78 petugas dari 3 Kecamatan terdekat yakni Kecamatan Teluk Bayur, Sambaliung dan Tanjung Redeb.

Niat KPU Berau untuk melantik secara keseluruhan badan ad hocnya tak dapat dilaksanakan karena terbatasnya kapasitas gedung yang digunakan.

“Mau tidak mau kami harus melaksanakan pelantikan di tiap-tiap kecamatan. Jadi kami 5 komisioner berbagi melantik PPS di 13 kecamatan dan ini serentak seluruh Indonesia, ” ungkap Budi.

Baca Juga :  KPU Tarakan Tetapkan Jumlah TPS Pemilukada

Setelah PPS dilantik akan dilanjutkan pembentukan sekretariat tingkat kelurahan atau kampung.

“Kami berharap bupati dan seluruh camat, lurah dan kepala kampung dapat membantu mempermudah proses pembentukan sekretariat ditingkat kecamatan atau kampung,” urainya.

Ditambahkan Budi, petugas PPK saat ini melakukan mapping TPS yang dimungkinkan sebanyak 600 TPS pada Pilkada mendatang. Pileg dan Pilpres kemarin hanya 300 TPS.

Baca Juga :  Baliho Bertebaran di PJU, Bawaslu Nunukan Ingatkan soal Etika dan Estetika

Budi juga mengatakan PPK hingga kini belum memiliki kantor kesekretariatan walaupun telah meminta kepada pemerintah daerah.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas yang turut menghadiri pelantikan PPS mengharapkan mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Sukseskan pelaksanaan teknis Pilkada mendatang,” harapnya.

Bupati menyebut PPS 3 kecamatan terdekat yang baru saja dilantik agar gerak cepat melengkapi proses tahapan demi kesuksesan Pilkada.

Hal ini juga sebagai sikap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi PPS selaku unsur vital dalam pelaksanaan Pilkada 2024

Baca Juga :  KPU Nunukan : Peran Media Penting dalam Sukseskan Pilkda 

Sri mengimbau kepada PPS baru dilantik untuk segera berkoordinasi dengan pemerintahan di tingkat kampung hingga desa.

“Jalin sinergitas yang baik dan laksanakan tugas ini seadil-adilnya, sejujur-jujurnya dan kita harus yakin bahwa amanah itu tidak jatuh pada pundak yang salah,” tandasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1926 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *