Hilirisasi SDA dan SDM Dianggap Mampu Intervensi Stunting

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bakal menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara(Kaltara) diklaim tidak hanya akan membuat pertumbuhan ekonomi Kaltara semakin cepat, namun juga mampu mengatasi persoalan stunting di setiap daerah Kaltara.

Pasalnya melalui hilirisasi SDA akan mendukung pertumbuhan industri hijau berkelanjutan, mengembangkan daya saing SDM yang inklusif dan berkelanjutan, serta meningkatkan perlindungan sosial yang adaptif.

“Artinya akan banyak dampak domino yang positif jika hal ini dikerjakan dengan serius dan bersama-sama, karena tidak hanya Pemprov saja. Tapi semua pemerintah kabupaten dan Kota, juga harus ikut terlibat seperti hanya menyelesaikan stunting,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Provinsi Kaltara, Bertius, Kamis (23/5/2024).

Ia menjelaskan hilirisasi SDA yang nantinya akan berjalan di Kaltara harus selaras dengan meningkatkan kualitas SDM lokal sejak dini.

“Seperti sejak dalam kandungan ibu hamil harus mendapatkan gizi yang cukup agar bayi yang lahir juga tumbuh dengan sehat, kemudia hal itu dilanjutkan dengan memberikan bayi gizi yang cukup hingga dia masuk ke bangku sekolah. Di sinilah kita mendidik dan melatih mereka menjadi SDM yang unggul,” jelasnya.

“Begitu juga ketika mereka duduk di bangku SMA dan perguruan tinggi, kita beri mereka ruang pelatihan teknis dan sebagainya hingga ketika hilirisasi SDA terjadi, mereka bisa langsung ikut mengambil peranan di dalamnya sehingga kita utuh menggunakan SDM lokal Kaltara,” terangnya.

Jika nantinya hal itu bisa dilakukan, Bertius menyakini baik persoalan ekonomi, pengangguran dan stunting di Kaltara nantinya dapat selesai dengan hilirisasi SDA dan SDM ini.

“Jika angka pengangguran berkurang maka tingkat kesejahteraan meningkat sehingga asupan kebutuhan masyarakat khususnya anak juga dapat terjaga. Artinya kita tidak bicara jangka pendek saja tapi juga jangka panjangnya,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1939 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *