Wacanakan Setiap Kantor Camat dan Lurah Difasilitasi Informasi Perekaman E-KTP 

benuanta.co.id, BERAU – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau memaksimalkan upaya dalam menuntaskan perekaman e-KTP bagi masyarakat.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji mengatakan sesuai arahan Kemendagri mengenai Pilkada Serentak 2024, pihaknya melakukan sistem jemput bola, dari kecamatan, kelurahan bahkan ke kampung, agar masyarakat yang punya hak pilih ikut Pilkada serentak.

“Kita akan berikan infonya by name, by address ke kelurahan atau desa untuk dibantu mengarahkan segera melakukan perekaman,” ucapnya Jumat (17/5/2024).

Hal ini kata dia dimaksudkan agar dapat memaksimalkan perekaman tingkat kecamatan yang jauh dari kota, sehingga mereka dapat menjadi pemilih di Pilkada.

Baca Juga :  Pria 31 Tahun di Teluk Bayur Meninggal Dunia Minum Racun

“Strategi jemput bola pun akan dilakukan di 4 kecamatan terdekat terkhususnya untuk pelajar SMA dan SMK,” tuturnya.

Selain itu, sambung dia ada pula jemput bola khusus seperti ke Rumah Tahanan (Rutan), Sekolah Luar Biasa (SLB), yayasan yang menangani anak yatim piatu, yang tentunya membutuhkan perlakuan khusus untuk perekaman.

“Mulai sekarang bisa melakukan perekaman bagi yang akan berusia genap 17 tahun sampai 27 November 2024. Jadi bisa perekaman sekarang untuk pengambilan e-KTP saat berusia pas 17 tahun. Perekaman bisa dilakukan di kecamatan,” bebernya.

Baca Juga :  Pria 31 Tahun di Teluk Bayur Meninggal Dunia Minum Racun

Senada dengan hal itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas turut memberikan pernyataan terkait hal tersebut. Dirinya sudah mengimbau kepada seluruh  masyarakat Kabupaten Berau baik yang akan berusia 17 tahun ataupun yang sudah 17 tahun namun belum memiliki e-KTP agar segera melakukan perekaman.

“Tentu kepemilikan e-KTP bukan hanya untuk menjelang Pilkada saja, namun banyak sekali urusan yang memerlukan e-KTP,” bebernya.

Karena itu, Sri Juniarsih Mas pun berharap agar Disdukcapil memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan perekaman data e-KTP.

Baca Juga :  Pria 31 Tahun di Teluk Bayur Meninggal Dunia Minum Racun

“Tentu dengan adanya kemudahan perekaman ini dapat membantu masyarakat dalam masalah kepemilikan identitas kependudukan,” imbuhnya.

Selain itu dirinya juga mengapresiasi kinerja yang dilakukan Disdukcapil dalam memaksimalkan proses perekaman e-KTP.

“Strategi jemput bola dan melakukan informasi edaran ke setiap kelurahan merupakan terobosan yang baik untuk memaksimalkan kepemilikan identitas diri bagi masyarakat Kabupaten Berau,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *