IH: Calon Haji Wajib Waspada Jika tak Ingin Selalu Buang Air Kecil

Madinah – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) meminta jamaah calon haji wajib mewaspadai jika dirinya merasa tak selalu ingin buang air kecil saat berada di Tanah Suci, sebab menandakan kondisi tengah dehidrasi.    

“Dia bangga bisa beribadah lancar tanpa gangguan, padahal itu tanda-tanda dehidrasi,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKIH) Madinah Karmijono di Madinah, Senin.

Karmijono mengatakan cuaca di Madinah cukup panas dan berbeda kondisinya dengan di Indonesia. Jamaah tak akan merasakan haus karena kelembaban yang rendah serta tak mengeluarkan keringat.

Baca Juga :  Kemenag Nyatakan 17 Orang Calon Haji Indonesia Tutup Usia

Maka dari itu, jamaah mesti beradaptasi dengan lingkungan serta sering-sering minum air mineral (air putih) selama berada di Tanah Suci, guna menjaga kondisi tubuhnya.

“Seharusnya, jamaah haji buang air kecil minimal setiap jam. Hal ini sebagai tanda tubuh terhidrasi dengan baik. Semakin sering kencing lebih bagus. Mending sering ke toilet daripada sering ke rumah sakit,” kata Karmijono.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Tegaskan Dukung Govtech Indonesia ke Presiden Jokowi

Di satu sisi, ia juga mengingatkan agar jamaah tak memaksakan diri selalu beribadah sunah di luar hotel. Karmijono berharap jamaah yang tiba lebih awal untuk menjaga kesehatan agar saat puncak haji dalam kondisi bugar.

“Tidak ada petugas yang melarang pasien untuk beribadah tetapi agar jamaah itu juga menyadari kemampuannya sendiri. Kalau memang sudah lelah, jangan dipaksa, tetap istirahat,” katanya.

Baca Juga :  Ketua MPR Minta Kebijakan Potongan Gaji untuk Tapera Dikaji Ulang

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *