Industri Kaltara Makin Berkembang, Bapedda-Litbang Fokus Pengembangan SDM Lokal

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyiapkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal sesuai dengan kebutuhan industri yang akan masuk di Kaltara.

Hal itu dibenarkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda-Litbang) Bertius. Ia mengatakan adanya peningkatan kualitas SDM lokal vertujuan untuk menyerap SDM lokal agar mampu bekerja di tengah besarnya investasi yang akan masuk ke Kaltara.

“Industri KIHI dan lainnya sudah mulai beroperasi dan melakukan penyerapan SDM lokal dan hal ini belum ditambah dengan investasi industri lainnya. Maka dari itu kita harus mempersiapkan SDM yang siap pakai agar tenaga lokal juga bisa terserap maksimal,” kata Bertius, Ahad, 12 Mei 2024.

Permendagri 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Penyiapan SDM lokal memang harus dilakukan oleh pemerintah, agar angka pengangguran dapat berkurang seiring dengan luasnya lapangan kerja yang terbuka.

“Artinya tidak ada lagi SDM yang menganggur saat memiliki kemampuan dan skill tertentu, kita harus menjamin kesejahteraan SDM dengan lapangan pekerjaan yang ada dan hal ini sudah kita bahas bersama melalui RKPD dan RPJMD,” ujarnya.

Adapun cara-cara yang dapat digunakan untuk pengembangan SDM lokal dijelaskan Bertius, dapat dilakukan dengan banyak cara seperti mempersiapkan mutu pendidikan yang baik dengan memberikan beasiswa pendidikan, membuka pelatihan asa skill hingga memberikan ruang untuk SDM menimbah ilmu di Perusahaan-perusahaan sebagai tenaga magang.

“Jadi ketika hilirisasi industri ini dimulai kita sudah memiliki SDM yang mumpuni untuk digunakan baik SDM tenaga biasa ataupun SDM tenaga teknis. Artinya kebutuhan kita akan SDM luar juga terkurangi,” lanjutnya.

“Oleh karena itu peningkatan SDM ini akan kita mulai dan kita targetkan dapat terealisasi diakhir tahun 2025 mendatang dengan banyaknya SDM lokal kita yang tersertifikasi,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *