Calon Perseorangan Minimal Punya 19 Ribu Suara

benuanta.co.id, BERAU – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Berau terus bergulir. Tidak hanya persiapan soal materi dan relawan para calon, Partai politik (Parpol), peserta non partai pun diakomodir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan, saat ini tengah dilakukan pengumuman untuk pendaftaran perseorangan, yakni 5-7 Mei 2024.

Untuk jadwal penyerahan dukungan untuk bakal calon perseorangan ke KPU dimulai 8 Mei sampai 12 Mei.

Baca Juga :  Pj Gubernur Akmal: 174 Titik Lahan Kritis Eks Tambang Batu Bara

“Kita sudah sosialisasi untuk pendaftaran perseorangan. Sementara ini, ada dua figur yang datang ketika kami melakukan sosialisasi persiapan perseorangan,” paparnya, Kamis (9/5/2024).

Dalam sosialisasi itu, lanjut Budi, juga disampaikan terkait persyaratan administrasi bakal calon perseorangan yang harus dilengkapi.

“Terutama memenuhi dukungan dari 10 persen dari 191.843 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlah 10 persen itu setidaknya didapatkan di lebih 6 kecamatan di Kabupaten Berau,” bebernya.

Baca Juga :  Diduga Rem Blong, Truk Muatan Alat Berat Kecelakaan Sebabkan Pengemudi Meregang Nyawa

Meski jumlah 10 persen tercapai, tetapi kata Budi, jumlah kecamatan di bawah 6, dipastikannya belum memenuhi unsur.

“Minimal calon perseorangan harus mengantongi 19.185 dukungan yang tersebar minimal di 7 kecamatan. Tidak ada kriteria khusus, tiap kecamatan harus berapa dukungan suara. Asal dari 7 kecamatan itu, mencapai 10 persen dari jumlah DPT,” jelasnya.

Untuk diketahui, sejak Pilkada periode sebelumnya, belum ada pihak perseorangan yang melaju mulus sampai kepada pencalonan.

Baca Juga :  DPMK Berau Dukung 15 Kampung Dibangun Starlink

Namun, sebagai bagian dari tahapan Pilkada, pihaknya tentu membuka selebar-lebarnya untuk para kandidat dari perseorangan yang ingin maju menjadi kepala daerah.

“Silakan saja. Asal semua persyaratan terpenuhi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *