Hujan Lokal Diprediksi Bakal Mengguyur Kaltara Tiga Hari ke Depan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan memprediksi hujan lokal akan mengguyur hampir seluruh wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) dalam 3 hari kedepan. Prakiraan ini disampaikan oleh Forecaster BMKG Tanjung Harapan Magdalena Sidauruk, pada Jumat (3/5/2024).

Ia menjelaskan bahwa beberapa wilayah di Kaltara akan mengalami hujan disertai petir dan kilat selama tiga hari kedepan. Meskipun hujan diprediksi terjadi selama beberapa waktu, Lena sapaannya juga menyebutkan bahwa cuaca cerah dan berawan juga akan terjadi di beberapa wilayah di Kaltara.

Baca Juga :  Immanuel Ebenezer akan Kawal Kemenangan Zainal Arifin Paliwang di Pilgub Kaltara 2024

“Curah hujan yang terjadi 3 hari kedepan di beberapa wilayah di Kaltara ini cenderung tidak merata atau hujan lokal,” terangnya.

Penyebab hujan lokal ini, sambungnya, dipengaruhi oleh indeks MJO yang berada pada fase 3. Serta terdapat belokan angin dan konvergensi sehingga menyebabkan pembentukan awan di wilayah Indonesia, terutama di Kaltara.

Untuk memastikan keamanan masyarakat dalam beraktivitas di tengah curah hujan lokal, BMKG terus mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada terhadap perubahan cuaca signifikan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :  Ribuan Warga Tarakan Padati Halal Bi Halal Gubernur Kaltara 

Berdasarkan pantauan BMKG Tanjung Harapan beberapa wilayah di Kaltara mulai 1 hingga 10 Mei mengalami curah hujan menengah di sebagian wilayah. Peluang curah hujan menengah (50-150 mm) dan curah hujan 50-75 mm diprediksi terjadi di beberapa wilayah seperti Pulau Nunukan, Sebatik, Tanjung Palas Timur, Tanah Lia, Sei Menggaris.

Sedangkan peluang curah hujan menengah 75-100 mm diprakirakan terjadi di Pujungan, Kayan Hilir, Tulin Onsoi, Lumbis Ogong, Sebuku, Sembakung, Sembakung Atulai, Sesayap, Betayau, Muruk Rian, Sekatak, Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas Barat dan Peso Hilir. (*)

Baca Juga :  Ombudsman RI Kaltara Soroti Program Sunting di Kabupaten Kota

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2672 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *