Perluas Kepesertaan, BPJamsostek Tarakan Gandeng Kelurahan

Tarakan – BPJS Ketenagakerjaan menargetkan dapat mendaftarkan 100 orang pekerja rentan di setiap desa/kelurahan yang ada di Provinsi Kalimantan Utara menjadi peserta, sebagai bentuk jaminan sosial.

Untuk mewujudkan Coverage 100 orang pekerja rentan di setiap desa/Kelurahan. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tarakan terus melakukan perluasan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan edukasi berupa sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada Desa/Kelurahan.

Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tarakan berkomitmen untuk terus meningkatkan kepesertaan di Wilayah Kota Tarakan salah satunya bekerjasama dengan Kelurahan di Kota Tarakan agar semakin banyak masyarakat pekerja informal terlindungi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Daging Ayam di Pasar Tenguyun Rp 48-55 Ribu per Kg

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tarakan Wahyu Diannur menyampaikan masih banyak masyarakat pekerja informal belum memiliki jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya daerah pelosok.

“Saat ini kami berfokus pada perluasan kepesertaan pekerja informal, dimana masyarakat banyak yang berprofesi sebagai petani, nelayan, petambak dan sektor pekerja mandiri lainnya,” ujarnya.

Menurut Wahyu, dengan menggandeng Desa/Kelurahan dapat mempermudah dan menjadikan masyarakat sebagai peserta, dimana Kepala Desa / Lurah dapat membantu warganya dalam menyampaikan bagaimana pentingnya manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi mereka yang bekerja secara mandiri.

Baca Juga :  Kinerja APBN Terpantau Surplus

“Sampai sekarang ini masih banyak terdapat masyarakat beranggapan bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan hanya bisa digunakan oleh mereka yang bekerja di perusahaan atau sektor formal, kami disini datang untuk menjelaskan bahwa semua masyarakat dapat melindungi diri dari resiko-resiko ketenagakerjaan seperti kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan pekerja dapat melakukan klaim jaminan hari tua jika mengikuti program jaminan hari tua,” jelasnya.

Baca Juga :  Impor Kebutuhan Investasi Tak Dikenakan Bea Masuk

Wahyu berharap melalui kegiatan ini masyarakat lebih paham mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dan segera mendaftar menjadi peserta, sehingga mereka merasa tenang dan nyaman saat bekerja, tutupnya.(*)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *