Dorong Sinergi Hulu Migas dengan Pemkab Tana Tidung

benuanta.co.id, Tarakan – Mendorong terwujudnya pembangunan yang adil dan sejahtera bagi masyarakat di Kabupaten Tana Tidung, salah satunya dengan optimasi penyerapan gas bumi melalui program Jaringan Gas Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil di sekitar wilayah operasi, SKK Migas Kalsul beserta JOB Simenggaris Menerima Audiensi Pemerintah Kabupaten Tana Tidung di Jakarta (27/04) yang dipimpin langsung Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali, AmD.

Audiensi ini disambut positif oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan dan Sulawesi, Azhari Idris dan Pjs. General Manager JOB Simenggaris, Neni Herawati, beserta masing-masing jajaran manajemen.

Pemkab Tana Tidung menyampaikan bahwa sehari sebelumnya usulan Program Jargas rumah tangga ini telah dikomunikasikan ke Kementerian ESDM cq Direktur Infrastruktur Migas dan disambut baik oleh Kementerian ESDM. Usulan ini tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedural yang berlaku dalam pengajuan alokasi gas untuk jargas.

Azhari Idris menyampaikan apresiasinya atas dukungan Pemkab Tana Tidung dalam kegiatan operasi produksi Hulu Migas di Wilayah Kerja Simenggaris yang memiliki sumber daya minyak dan gas bumi yang dikelola oleh JOB Simenggaris. Saat ini pemanfaatan gas bumi yang berasal dari Lapangan South Sembakung oleh JOB Simenggaris disalurkan sebagian besar kepada pembeli gas PT Kayan LNG Nusantara dengan alokasi penjualan gas harian sebesar maksimal 22 juta kaki kubik (MMSCFD). Terkait alokasi gas untuk Jargas rumah tangga, SKK Migas dan JOB Simenggaris akan mendukung Program Pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berdasarkan persetujuan alokasi gas domestik dari Menteri ESDM.

Baca Juga :  Daging Ayam di Pasar Tenguyun Rp 48-55 Ribu per Kg

Neni Herawati berterima kasih atas dukungan Pemkab Tana Tidung yang telah diberikan sampai saat ini sehingga JOB Simenggaris dapat menjalankan kegiatan operasi Hulu Migas dengan aman dan lancar serta memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan di wilayah Kabupaten Tana Tidung.

JOB Simenggaris berkomitmen sepenuhnya untuk terus berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta memajukan masyarakat di sekitar wilayah kerja operasi melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang telah dilakukan selama ini.

Baca Juga :  Maknai 29 Tahun Perjalanannya, Telkomsel Berkomitmen untuk Maju Serentak Berikan Dampak bagi Indonesia

Lanjutnya, sehubungan dengan adanya permohonan Program Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung, JOB Simenggaris siap untuk menyediakan kebutuhan gas bumi yang diperlukan agar program tersebut bisa terlaksana yang tentunya harus didukung dengan adanya infrastruktur yang memadai.

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali, A.Md, menyampaikan apresiasi kepada SKK Migas – JOB Simenggaris dalam mendukung program-program yang direncanakan dan dijalankan untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Tana Lia. Harapannya dengan adanya akses gas bumi untuk rumah tangga ini, diharapkan dapat mengurangi penggunaan LPG dan meningkatkan kualitas hidup serta mempercepat pembangunan di wilayah Kab. Tana Tidung. Pihaknya berharap agar program Jargas rumah tangga ini bisa segera direalisasikan, sehingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat Tana Tidung.

Baca Juga :  Bawang dan Tomat Alami Lonjakan Harga

Program Jargas rumah tangga ini merupakan bagian dari upaya nasional untuk diversifikasi energi, pengurangan subsidi dan penyediaan energi bersih yang diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan pelayanan infrastruktur permukiman khususnya di wilayah Kab. Tana Tidung, lanjut Ibrahim.

SKK Migas tentunya akan terus mendorong KKKS, khususnya di wilayah Kalimantan Utara, dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah agar kegiatan Hulu Migas dapat berjalan lancar dan mampu memberikan manfaat besar baik melalui program PPM yang dijalankan maupun pengembangan SDM di sekitar wilayah operasi, dengan maksud menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat Kab. Tana Tidung dan Kalimantan Utara pada umumnya. (*)

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2914 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *