Jelang Pilkada, KPU Tarakan Buka Perekrutan Badan Ad Hoc

benuanta.co.id, TARAKAN – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan tengah melakukan pembentukan badan Ad Hoc tingkat PPK dan PPS. Pembentukan ini akan melalui proses seleksi yang mana informasinya telah dilakukan pada 17 April 2024 kemarin.

“Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat sedang melakukan rapat koordinasi tentang juknis untuk pembentukan dari badan Ad Hoc tersebut,” ujar Ketua KPU Tarakan, Dedi Herdianto, Rabu (24/4/2024).

Adapun penerimaan bagi pendaftar akan dilakukan pada 23 hingga 29 April 2024. Diuraikan Dedi, syarat umum untuk dapat bergabung menjadi Badan Ad Hoc diantaranya berusia 17 tahun, berdomisili sesuai KTP dan tingkat pendidikan minimal SMA sederajat.

Baca Juga :  Anggota DPR-DPRD-DPD Terpilih Wajib Mundur saat Maju Pilkada

“Pendaftarannya masih menggunakan SIAKBA. Jadi bagi masyarakat yang berminat mengikuti seleksi tersebut bisa membuka situs SIAKBA yang sudah disiapkan oleh KPU,” imbuhnya.

Disinggung soal kuota, pihaknya belum dapat memastikan berapa kuota yang diperlukan. Namun, berdasarkan aturan perekrutan Badan Ad Hoc ini dilakukan tiga kali dari kebutuhan yang ada.

Saat ini, terdapat 5 orang anggota PPK. Jika dikalikan kebutuhannya maka akan ada 15 orang untuk ditempatkan ditingkat PPK.

Baca Juga :  PKS Berau Tetap Pilih Petahana, Golkar Usulkan Kadernya Posisi Wakil

“Kembali saya tekankan untuk menentukan nanti jumlah maksimal dari kouta tersebut kami akan putuskan melalui rapat. Keputusan itu kolektif kolegial, artinya baik dari tingkat komisioner, tingkat sekretariat pun juga nanti dilibatkan,” bebernya.

Proses perekrutan Badan Ad Hoc ini dilakukan sama seperti perekrutan pada Pemilu lalu, yakni setelah tahapan pendaftaran, selanjutnya akan dilanjutkan tahapan seleksi berkas kemudian seleksi tulis, wawancara, penetapan, dan terakhir pelantikan.(*)

Baca Juga :  Agus Uriansyah Optimis Perindo Bisa Duet dengan Golkar

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2725 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *