Indonesia Amankan Kemenangan 1-0 atas Australia di Piala Asia U-23

Jakarta -Timnas Indonesia U-23 mengamankan kemenangan 1-0 atas Australia pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis.

Gol semata wayang Garuda Muda dibukukan oleh Komang Teguh Trisnanda meneruskan sepakan Nathan Tjoe-A-on, dari situasi tendangan sudut, pada menit ke-45.

Dengan hasil ini, untuk sementara Indonesia naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi tiga poin, sedangkan Australia turun ke posisi keempat, demikian dikutip dari laman resmi AFC.

Indonesia mencoba mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Pada menit kedua peluang bagus didapat dari umpan panjang yang diterima Witan Sulaeman, untuk diteruskan dengan umpan silang mendatar dan disambut tembakan Jeam Kelly Sroyer yang dapat ditepis kiper Patrick Beach.

Baca Juga :  Laga Final Dihadiri Gubernur Zainal, Bone FC Keluar sebagai Juara

Peluang bagus berikutnya untuk Indonesia didapat oleh Rafael Struick, dengan tembakan yang melebar ke sisi kanan gawang Australia.

Memasuki menit ke-21 Indonesia mendapat hukuman penalti. Wasit Majed Mohammed Al Shamrani awalnya tidak menyadari bahwa lengan Komang mengenai bola tembakan Mohamed Toure di kotak terlarang, namun tinjauan VAR membuat ia mengambil keputusan untuk memberikan hadiah penalti kepada Australia.

Kiper Ernando Ari kemudian menjadi pahlawan Indonesia. Eksekusi Toure ke sisi kiri gawang dapat diantisipasi dengan sempurna oleh Ernando, untuk membuat Australia gagal memecah kebuntuan.

Setelah keberhasilan Ernando menepis penalti Toure, kepercayaan diri para pemain Indonesia semakin meningkat. Sejumlah peluang kembali mereka lahirkan melalui sambaran Marselino Ferdinan dan sepakan spekulasi Komang.

Baca Juga :  Atalanta Juara Liga Europa usai Putus Rekor tak Terkalahkan Leverkusen

Menjelang turun minum, Indonesia mendapat tendangan sudut. Bola tendangan sudut dapat diteruskan sundulan Muhammad Ferarri untuk diterima Nathan, yang melepaskan sepakan dan diteruskan sundulan Komang untuk masuk ke gawang Patrick Beach. 1-0 untuk Indonesia, dan bertahan sampai babak pertama usai.

Australia menggempur habis-habisan pada babak kedua. Peluang pertama didapat dari tembakan Toure yang dapat ditepis kiper Ernando, sebelum bola kemudian disapu Rizky Ridho. Setelah itu, Ernando kembali harus bekerja keras untuk mencegah gawangnya kemasukan.

Untuk menebalkan pertahanan tim asuhannya, pelatih Shin Tae-yong memasukkan Justin Hubner yang belum lama bergabung ke timnas U-23 untuk menggantikan Jeam Kelly pada menit ke-72. Tidak lama kemudian giliran Fajar Fathurrahman yang ditarik keluar untuk digantikan Ilham Rio Fahmi.

Baca Juga :  Musprov IPSI ke III Digelar, Ketua Baru Diharapkan Bawa Masa Depan Gemilang

Ernando beberapa kali memperlihatkan kemampuan membaca bola dan penempatan posisinya untuk mempertahankan gawang Indonesia dari kemasukan. Ia sukses menahan tembakan pemain pengganti Lachlan Brook menjelang berakhirnya waktu normal.

Wasit kemudian memberikan tambahan waktu selama 11 menit, tetapi Australia tetap gagal menembus rapatnya pertahanan Indonesia. Justru Indonesia yang memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan menjelang laga usai, tetapi tembakan Marselino dapat diadang bek Australia pada fase akhir pertandingan.

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *