Arus Balik di Bandara Juwata Tarakan Meningkat dari Tahun Lalu

benuanta.co.id, TARAKAN – Arus balik Lebaran 2024 di Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan tercatat meningkat 64,21 persen pada H+4 dibandingkan tahun 2023 lalu.

Penumpang yang datang melalui Bandara Juwata tercatat sebanyak 923 penumpang pada 13 April 2024 dan 1.225 penumpang pada 14 April 2024. Pada tahun 2023, penumpang yang tiba pada H+4 hanya 746 penumpang.

“Kalau untuk arus balik sendiri kita prediksi tanggal 14 dan 15 April 2024 (hari ini). Karena instansi pemerintahan besok itu sudah masuk kerja,” ujar Ketua Posko Angkutan Udara Lebaran Bandar Udara Juwata Tarakan, Fahruddin Rahmat, Senin (15/4/2024).

Baca Juga :  KPU Tarakan Tunggu Putusan MK untuk Penetapan Caleg Terpilih

Ia melanjutkan, meningkatnya jumlah penumpang ini maka terdapat extra flight dari Lion Group khususnya maskapai Super Air Jet dan Lion Air. Pihaknya memprediksi, bahwa puncak arus balik terjadi pada 15 April 2024. Sehingga khusus hari ini dan besok, disiapkan sebanyak 2 kali extra flight dalam satu hari.

“Kenaikannya cukup signifikan. Kami selalu melakukan monitoring kami pantau dan disajikan dalam bentuk grafik mulai dari H-7 sampai H+7 kita komparasi dengan tahun lalu. Itu kita pantau baik penumpang, pesawat dan cargo,” lanjutnya.

Baca Juga :  Tega! Paman Jual Motor Keponakan, Duitnya Dipakai Judi

Pada arus mudik kenaikan jumlah penumpang yang berangkat pada H-3 Lebaran melalui Bandara Juwata Tarakan turut meningkat yakni berkisar 168,99 persen atau 1.657 penumpang. Dibandingkan tahun lalu yang hanya 616 penumpang .

Dijelaskan Fahruddin, terdapat penekanan dari Kementrian Perhubungan agar mudik tak dimanfaatkan pada hari tertentu sehingga mengurangi penumpukan.

“Untuk menjaga kelancaran dan kenyamanan para pengguna jasa arus mudik maupun arus balik,” tukasnya.

Sejauh ini, pihaknya tak menemui kendala yang siginifikan. Lantaran posko terpadu yang siaga terdiri dari berbagai unsur. Pihaknya tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun penumpang yang berangkat dan datang melalui Bandara Juwata Tarakan.

Baca Juga :  Polisi Sebut Speedboat Vs Perahu Dompeng di Perairan Juata Berakhir Damai

“Kita belajar juga dari tahun sebelumnya, makanya kita upayakan mitigasi diawal. Sehingga faktor keamanan penumpang bisa diatasi dengan baik,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2696 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *