Febuari Kunjungan Wisman Meningkat Sebanyak 905 Kunjungan ke Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kalimantan Utara melalui pintu keimigrasian di Kabupaten Nunukan (laut) pada bulan Februari 2024 terdapat sebanyak 1.236 kunjungan atau mengalami peningkatan sebanyak 905 kunjungan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sedangkan jumlah kunjungan wisman melalui Kota Tarakan (laut) terdapat sebanyak 324 kunjungan atau mengalami peningkatan sebanyak 175 kunjungan pada bulan Februari 2024 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Secara keseluruhan, jumlah kunjungan wisman melalui pintu keimigrasian melalui Kabupaten Nunukan (laut) dan Kota Tarakan (laut) pada bulan Februari 2024 terdapat sebanyak 1.560 kunjungan atau terjadi peningkatan sebanyak 225 persen,” ucap Kepala BPS Kaltara Mas’ud Rifai, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga :  Bawang dan Tomat Alami Lonjakan Harga

Lanjut kata Mas’ud sapaannya, secara kumulatif, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kalimantan Utara melalui pintu keimigrasian pada periode Tahun 2024 mencapai 2.040 kunjungan.

Adapun untuk jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kalimantan Utara berdasarkan Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat (undocumented) di Pintu Keimigrasian seperti pada pintu-pintu yang tidak resmi ternyata masih banyak, sehingga BPS bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Telkomsel untuk melakukan penghitungan dengan menggunakan metode Mobile Position Data (MPD) untuk menghitung jumlah wisman.

Baca Juga :  Bulog Tarakan Tak Lagi Distribusikan Minyak Kita, Ini Penggantinya

“Berdasarkan MPD, jumlah wisman yang berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara terdapat sebanyak 28.576 kunjungan atau terjadi peningkatan sebesar 5,36 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” sebutnya.

Secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman MPD ke Provinsi Kalimantan Utara pada periode Tahun 2024 sebanyak 55.698 kunjungan, atau terjadi penurunan sebesar 18,79 persen dibandingkan periode yang sama Tahun 2023 yang tercatat sebanyak 68.582 kunjungan.(*)

Baca Juga :  Bawang dan Tomat Alami Lonjakan Harga

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *