Inisiatif Gubernur Zainal Mudik Gratis, Dishub Kaltara Sebut Animo Masyarakat Tinggi

benuanta.co.id, TARAKAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah menyediakan mudik gratis bagi masyarakat dalam momen Idul Fitri 1445 H. Diketahui, sebelumnya mudik gratis ini secara resmi sudah dilaksanakan pada 7 April 2024 lalu.

Adapun rutenya Tanjung Selor – Tana Tidung – Malinau sebanyak 85 seat dan Malinau – Tana Tidung – Tanjung Selor sebanyak 170 seat.Pada 15 April 2024 mendatang, juga tersedia untuk arus balik dengan rute serupa sebanyak 92 seat.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltara, Andi Nasuha mengatakan, mudik gratis ini merupakan inisiatif dari Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang. Tujuannya, agar masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan memanfaatkan transportasi massal untuk mengurai kemacetan.

Tak hanya fasilitasi berupa transportasi gratis untuk mudik, penumpang juta akan diberikan snack atau makanan ringan selama perjalanan hingga tiba di lokasi tujuan.

Baca Juga :  Gubernur Lepas Keberangkatan 439 CJH ke Baitullah

“Tujuan utamanya untuk membantu masyarakat juga apalagi saat ini kan angkutan pasti full, kita meringankan masyarakat bagi yang mau mudik,” ujarnya saat dihubungi Benuanta, Selasa (9/4/2024).

Ia melanjutkan, animo masyarakat yang ikut andil dalam mudik gratis ini cukup tinggi. Sehingga seluruh seat sudah terisi saat ini dan saat arus balik Meskipun masih dalam tahap uji coba, pihaknya diminta untuk terus berbenah dan mengevaluasi program mudik gratis ini.

Pihaknya menyiapkan 3 unit bus Damri untuk keberangkatan dari Tanjung Selor. Saat arus balik nanti pihaknya juga menambah satu bus Hiace.

Baca Juga :  Fasilitasi 5.660 Sertipikat Tanah di Daerah Perbatasan, Masyarakat Apresiasi Program Pemprov Kaltara

“Ada yang kelebihan penumpang itu kita cover dengan kendaraan dinas kita. Tapi itu tidak papa. Arus balik kita mulai tanggal 15 April nanti itu sama-sama dari Tanjung Selor ada, Malinau juga KTT,” tuturnya.

Dalam menyediakan layanan mudik gratis pihaknya juga tak menyulitkan masyarakat, cukup dengan menunjukkan fotocopy KTP beserta Kartu Keluarga (KK) domisili ,Kaltara ke petugas maka mudik gratis sudah bisa didapatkan.

“Kita buka kemarin pada akhir Maret, baru dihari kedua pendaftaran langsung full makanya kita tutup. Itu sudah bersamaan pada saat itu arus balik dan mudik. Jadi saat ini sudah full,” tukasnya.

Dijelaskan Andi Nasuha, armada untuk mudik gratis ini juga sudah di ramp check sebelumnya. Sehingga keamanan dan keselamatan penumpang di perjalanan tak perlu dikhawatirkan. Sebelum keberangkatan, pihaknya bersama unsur dari Polda Kaltara, BPTD, Jasa Raharja, Dishub Kabupaten Bulungan dan BNN telah memeriksa kondisi kelaikan armada juga sopir yang bertugas.

Baca Juga :  Lembaga Yudikatif Dituntut Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024

“Tes mata juga dilakukan untuk sopir, apalagi perjalanan malam itu membahayakan. Alhamdulillah semua berjalan lancar tidak ada sopir yang terindikasi obat-obatan terlarang. Semuanya aman,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *