Produk UMKM Unggulan, DPRD Ingin Pemkab Segera Bangun Pabrik Terasi

benuanta.co.id, BERAU – Terasi merupakan salah satu produk unggulan UMKM di Kabupaten Berau yang sudah terkenal hingga ke luar daerah. Meningkatkan kualitas serta nilai jual terasi, Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina mendorong Pemkab Berau untuk membangun pabrik pengolahan terasi.

“Hal itu penting agar produk terasi ini dapat menjadi sumber salah satu produk khas yang dapat dijual hingga ke luar daerah bahkan ke luar negeri,” ujarnya Kamis (4/4/2024)

“Terasi dari Berau sudah cukup dikenal di daerah lain, tapi sayang pengolahannya selama ini masih secara tradisional, sehingga belum bisa mengangkat nilai jualnya,” tambahnya.

Dengan adanya pabrik terasi, menurutnya dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas produksi serta nilai jual akan semakin tinggi. Untuk itu, pihaknya mendorong agar pabrik terasi dapat didirikan di Bumi Batiwakkal.

Baca Juga :  Terduga Pemilik Kayu Ilegal Dikantongi Satreskrim Polres Berau

“Dengan adanya pabrik, tentunya juga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya para pengrajin terasi,” imbuhnya.

Dengan adanya pabrik pengolahan terasi, Elita juga menyebut hal itu dapat membantu meminimalisir pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh proses pengolahan terasi tradisional.

“Semoga Pemkab Berau dapat segera merealisasikan pembangunan pabrik pengolahan terasi di Berau,” ungkapnya.

Baca Juga :  Disbudpar Angkat Bicara Penarikan Retribusi Sepihak di Pulau Derawan

Elita meyakini bahwa dengan nantinya ada pabrik terasi khas Kabupaten Berau, maka manfaat bagi perekonomian masyarakat pun bisa meningkat.

“Karena saya yakin, keberadaan pabrik ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Berau. Berau juga akan dikenal dengan produk terasinya yang khas,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *