IDL Belum 100 Persen Jadi Penyebab Kasus Difteri di Berau

benuanta.co.id, BERAU – Setelah target Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) belum mencapi 100 persen, kasus difteri mulai bermunculan di Kabupaten Berau. Hal itupun menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Berau, Garna Sudarsono menjelaskan dari 13 kecamatan yang ada, 4 di antaranya belum mencapai 100 persen.

“Kemudian jika IDL lengkap itu anak sudah dapat vaksin difteri atau DPT sebanyak 3 kali,” sebutnya epada benuanta.co.id.

Kata dia capaian vaksin atau IDL untuk anak-anak di Berau sudah mencapai 88,8 persen. Sementara Kabupaten Berau masih kekurangan 12 persen untuk mencapai target IDL.

Baca Juga :  Rumah dan Gudang Terbakar di Teluk Bayur

Lebih lanjut, kata dia tahapan Outbreak Response Immunization (ORI) ada tiga kali anak-anak mendapat pelayanan kesehatan imunisasi agar tidak mudah jatuh sakit.

“Kalau untuk tahapan Outbreak Response Immunization ini adalah usia 0,1 tahun dan 6 tahun. Jadi misalnya baru lahir dapat ORI kemudian 6 bulan ke depan dan 1 tahun ke depan,” ungkapnya.

Sehingga pihaknya mengimbau kepada pengurus pelayan pasien setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Berau agar meningkatkan capaian IDL untuk anak-anak.

Baca Juga :  Diduga Rem Blong, Truk Muatan Alat Berat Kecelakaan Sebabkan Pengemudi Meregang Nyawa

“Jadi teman-teman puskesmas kini tengah mengupayakan pencegahan pengendalian penindakan terhadap difteri dengan imunisasi,” tuturnya.

Sambung dia, ia meminta tenaga kesehatan Puskesmas setiap kecamatan dan kampung melalui Posyandu bisa maksimal pelayanan imunisasi dasar.

“Dengan melaksanakan pelayanan imunisasi dasar rutin di puskesmas dan posyandu maka anak-anak di Berau bisa tumbuh kembang sehat serta bebas difteri,” imbuhnya.

Bahkan dirinya hari ini sudah lakukan zoom meeting bersama 21 pimpinan puskesmas yang berada di 13 kecamatan

Baca Juga :  Berkas Pelaku Pembunuhan di Teluk Bayur Masih Dilengkapi

“Kita tadi zoom meeting dengan pejabat di 21 puskesmas. Kami menitipberatkan untuk melaksanakan vaksinasi terhadap bayi balita di wilayah puskesmas dan posyandu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2639 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *