Menang Dramatis atas Liverpool, Manchester United Lolos ke Semifinal Piala FA

Jakarta – Manchester United memastikan lolos ke semifinal Piala FA, setelah memenangi laga dramatis atas musuh bebuyutan Liverpool dengan skor 4-3, pada pertandingan perempat final di Old Trafford, Manchester, Minggu.

Tampil di kandang sendiri membuat United tampil lebih bersemangat. Ancaman pertama dihadirkan Aaron Wan-Bissaka yang peluangnya masih dapat diantisipasi Caoimhin Kelleher, sedangkan peluang berikutnya tercipta dari sepakan Marcus Rashford yang dapat ditepis kiper Liverpool.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

Stadion Old Trafford bergemuruh pada menit kesepuluh saat United memecah kebuntuan. Rashford mengirim operan dari sisi kiri tertuju pada Alejandro Garnacho yang kemudian melepaskan tembakan. Bola dapat ditepis Kelleher, namun bola pantul jatuh ke kaki Scott McTominay untuk dilesakkan masuk ke gawang tim tamu.

Baca Juga :  PSSI Umumkan Skuad Final Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23

Liverpool perlahan-lahan mulai berbalik menguasai permainan dan menekan tuan rumah. Mereka sempat mencetak gol melalui Wataru Endo yang mengonversi operan Salah, namun tinjauan VAR menganulir gol tersebut karena Salah telah lebih dahulu berada dalam posisi offside.

The Reds baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-44. Bek tengah Jarell Quansah terlibat dalam pembangunan serangan, yang kemudian mengoperkan bola untuk diteruskan Darwin Nunez. Bola disodorkan penyerang Uruguay itu kepada Alexis Mac Allister, yang sepakannya sedikit terdefleksi Kobbie Mainoo untuk kemudian mengecoh kiper Andre Onana.

Memasuki menit ke-45+2, Liverpool membalikkan kedudukan. Nunez menciptakan ruang untuk melepaskan tembakan yang dapat ditahan Onana, bola pantul kemudian jatuh kepada Salah yang menguasai bola satu kali sebelum menggunakan kaki kanannya untuk memasukkan ke gawang United. 2-1 untuk Liverpool pada babak pertama.

Baca Juga :  Bayer Leverkusen Juarai Liga Jerman seusai Hancurkan Bremen 5-0

Saling bergantian mengancam dilakukan kedua tim setelah turun minum. Nunez sempat merepotkan barisan pertahanan United sebelum Onana menguasai keadaan, sedangkan umpan silang Bruno Fernandes gagal disambut para pemain depan tuan rumah.

Nunez memiliki peluang bagus berikutnya saat ia mengecoh Raphael Varane untuk menciptakan ruang tembak, namun tembakannya dapat ditepis Onana.

Pada menit ke-84, United berhasil menyamakan kedudukan. Antony yang masuk ke kotak penalti, melepaskan tembakan mendatar ke sudut bawah gawang Liverpool yang gagal ditahan Kelleher. Kedudukan kini imbang 2-2.

Elliot hampir mencetak gol penentu kemenangan bagi Liverpool saat sepakannya membentur tiang gawang beberapa saat kemudian. United juga memiliki peluang emas untuk mengamankan kemenangan, tetapi Rashford gagal menceploskan bola ke gawang Liverpool meski hanya tinggal menghadapi Kelleher dengan melepaskan sepakan melebar.

Pertandingan pun diteruskan ke tambahan waktu.

Pada tambahan waktu, United mengancam lebih awal melalui sepakan Garnacho yang hanya bersarang ke sisi kanan luar gawang Kelleher. Namun justru gawang United kemasukan pada menit ke-105, saat sepakan Elliot dari luar kotak penalti terdefleksi kaki Christian Eriksen untuk berikutnya mengecoh Onana dan masuk ke gawang tuan rumah. 3-2 untuk Liverpool.

Baca Juga :  STY Kecewa dengan Kepemimpinan Wasit saat Indonesia Dikalahkan Qatar

United yang berusaha bangkit terus menerus menggempur pertahanan Liverpool. Buahnya mereka petik pada menit ke-112 saat Rashford menerima umpan terobosan McTominay di dalam kotak penalti, untuk menaklukkan Kelleher dengan sepakan kaki kanannya. Skor imbang 3-3.

Keberhasilan menyamakan kedudukan membuat United semakin menguasai keadaan. Pasukan Erik ten Hag kemudian mendapatkan gol keempatnya dari situasi serangan balik pada menit ke-121. Bola sampai ke kaki Amad Diallo untuk diarahkan ke sisi kiri bawah gawang Liverpool tanpa dapat dihalau Kelleher.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *