Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

Jakarta – Praktisi kesehatan masyarakat dr. Ngabila Salama menyampaikan bahwa tidur siang yang berkualitas bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

“Ada beragam manfaat tidur siang yang bisa kita sebagai manusia dapatkan, mulai dari menjaga konsentrasi dan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, sampai menurunkan tekanan darah,” katanya saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu.

“Tidur siang juga sebenarnya tidak memerlukan waktu yang panjang, dan bisa kita lakukan di sela-sela kesibukan,” katanya.

Ngabila menjelaskan, tidur memberikan efek relaksasi pada tubuh dan bila dilakukan secara rutin dalam jangka panjang bisa meningkatkan daya ingat, keterampilan motorik, dan persepsi indera.

Menurut dia, tidur siang pun bisa meningkatkan performa dalam pekerjaan dan mengurangi risiko melakukan kesalahan.

Baca Juga :  Spesialis Gizi: Makanan Bersantan Sebaiknya tidak Dipanaskan Berulang

“Manfaat tidur lain yang bisa dirasakan, terutama dari tidur siang, adalah membantu meningkatkan kewaspadaan diri, karena dapat memulihkan kembali otak yang kelelahan dari banyaknya informasi yang kita terima sehari-hari,” katanya.

Saat tidur siang, Ngabila mengatakan, otak akan menghilangkan informasi-informasi yang tidak perlu dari bagian penyimpanan sementara sehingga otak bisa lebih efektif menyerap informasi yang baru.

Staf teknis komunikasi transformasi kesehatan Kementerian Kesehatan itu mengatakan bahwa tidur siang selama 15 menit setiap hari juga bisa membantu mengurangi stres.

Baca Juga :  Spesialis Gizi: Makanan Bersantan Sebaiknya tidak Dipanaskan Berulang

“Kreativitas kita bisa meningkat jika tidur siang sebentar di sela kegiatan dan menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung karena penurunan hormon kortisol. Dengan tidur siang meski sebentar, stres bisa menurun dan tekanan darah tetap stabil,” ia menjelaskan.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *