Sidak Pasar Jelang Ramadan, Pj Walikota Tarakan Pastikan Pasokan Beras Aman

benuanta.co.id, TARAKAN – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan melakukan inspeksi mendadak (sidak), untuk memantau pasokan dan harga beras di Kota Tarakan pada Senin, 4 Maret 2023.

Sidak tersebut dilakukan di ritel modern, Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog), distributor beras yang ada di Tarakan. Dari hasil sidak tersebut, Pj Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan mengingatkan masyarakat untuk tidak khawatir mengenai ketersediaan beras dan harganya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

“Keseluruhan yang saya sidak jangan khawatir ketersediaan barang khusus beras InsyAllah dua bulan ke depan masih terjaga, seterusnya juga masih berproses,” ujar Dr. Bustan, Senin (4/3/2024).

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Meningkat Peminat Turun Drastis

Ia juga mengungkapkan pada saat sidak pihaknya menemukan beras yang ada di ritel modern dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari beras premium kualitas tinggi dengan harga Rp 18 ribu per kilogram hingga kualitas sedang diharga Rp 16 ribu per kilogram.

Tak hanya beras premium yang tersedia di ritel modern tersebut namun, terdapat juga beras Stabilitas Pangan dan Harga Pangan (SPHP) yang didistribusi oleh Bulog. Ia membeberkan dalam dua minggu ke depan harga beras akan mulai turun walaupun tidak signifikan.

“Harga sementara masih harga lama InsyaAllah dua Minggu lagi harga turun. Turunnya tidak signifikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tim Energi Tarakan Ikuti Lomba TTG dan Posyantek Tingkat Provinsi Kaltara

Lanjutnya, stok beras yang ada di gudang Bulog saat ini kurang lebih 450 ton nanti lalu akan datang lagi secara bertahap. 450 ton beras ini diyakini bisa mengamankan kebutuhan beras di awal ramadan. Sedangkan beras yang akan datang dapat mengamankan selama kebutuhan ramadhan Idul Fitri ataupun setelah Idul Fitri.

“Di belakang masih ada juga kurang lebih 2.150 ton masih dalam proses kedatangan karena kan proses muat dari Jakarta sama Surabaya. Dari angka 2.500 ton yang datang sekarang 350 ton. Target kami ingin bulan Maret datang semua,” jelasnya.

Baca Juga :  Ekonomi Kaltara Tumbuh 4,94 Persen Tahun 2023

Tak hanya menyediakan stok beras, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan melalui Bulog juga akan menyediakan minyak goreng kurang lebih 40.000 liter, atau 2 kontainer. Selain itu, ada juga 49 ton gula yang nantinya jika permintaan meningkat akan didatangkan dari surabaya ataupun cabang bulog terdekat. Semua bahan pokok tersebut direncanakan akan tiba di Tarakan paling lambat 6 Maret 2024 ini.

“Khusus daging kami juga punya daging kerbau sebagai subtitusi daging sapi kalau harganya meningkat atau subtitusi daging ayam kalau ada kenaikan harga. Daging, minyak, gula beras insyaallah aman,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *