Penutupan Bulan K3 Nasional, PT MIP Terus Tingkatkan Program Keselamatan Kerja

TARAKAN – PT Mandiri Intiperkasa (MIP) memperingati Bulan K3 Nasional (BK3N) Tahun 2024 dengan rangkaian acara yang dilaksanakan pada 12 Januari – 12 Februari 2024. Peringatan tersebut akhirnya ditutup dalam kegiatan malam puncak Bulan K3 Nasional yang dilangsungkan pada tanggal 5 Maret 2024 di Site Krassi PT MIP.

Kepala Teknik Tambang (KTT), PT Mandiri Intiperkasa (MIP), M. Robert Boro atau yang akrab disapa Robby menekankan bahwa menjadi sebuah pelajaran bagi pihaknya untuk lebih meningkatkan program Keselamatan Pertambangan yang sudah berjalan baik serta mencegah kecelakaan yang mungkin akan terjadi dimasa yang akan datang. Salah satu program keselamatan, Mandiri Zero Accident (MAZAMA), yang sudah disosialisasikan harus semakin digalakkan dan ditanamkan dalam mindset pekerja.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2000 votes

“PJO, pengawas operasional, pengawas teknis serta seluruh pekerja tambang harus bersinergi dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan selamat,” kata Robby, Selasa (05/03/2024).

Baca Juga :  Tim Energi Tarakan Ikuti Lomba TTG dan Posyantek Tingkat Provinsi Kaltara

Untuk memotivasi para pekerja, pihaknya tidak hanya memberikan punishment. Namun juga reward untuk menyemangati kinerja prinsip K3 dengan salah satunya adalah debgan pemberian penghargaan kepada karyawan terbaik kategori K3.

“Apapun yang dikerjakan, dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keluarga yang di rumah menginginkan agar anggota keluarga yang bekerja, baik dalam perjalanan serta berada di tempat kerja, menginginkan semuanya selamat, karenanya K3 harus terus diprioritaskan. Mari Kita Bangun Budaya Keselamatan Pertambangan dengan digitalisasi Good Mining Practice, sehingga menciptakan PKP2B PT MIP yang aman, sehat, dan selamat,” tutupnya dalam sambutan semalam.

Sementara itu, Section Head HSE, PT MIP M. Hasin Dwi Prajitno menyatakan, kegiatan penutupan BK3N diberi nama MASTER (Mandiri Safety Event Reward), dengan kegiatan inti yang dilaksanakan terdiri atas 3, yakni kegiatan strategis, kegiatan promotif, dan kegiatan implementatif. Hasin pun menjelaskan, kegiatan strategis mencakup acara pembukaan, pertemuan Bulan K3, perlombaan penerapan Good Mining Practice (GMP) workshop dan tambang, pemberian penghargaan karyawan terbaik di bidang implementasi K3, pemasangan umbul – umbul dan baleho atau media campaign untuk meningkatkan kesadaran pekerja tambangan pentingnya keselamatan di dunia kerja.

Baca Juga :  Berkat Gubernur Kaltara, Bandara Juwata Tarakan Dapat Extra Flight Arus Balik dari 2 Maskapai

“Kegiatan promotif mencakup evaluasi Internal Audit SMKP Minerba, evaluasi pengukuran lingkungan kerja, operasi tertib lalulintas atau sidak simper dan mine permit, memberikan coaching atau personal contact untuk karyawan yang melakukan pelanggaran terkait dengan regulasi keselamatan pertambangan, memberikan pelatihan rescue (Emergency Response Team) bagi personel pekerja tambang, pelatihan defensive driving guna untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pengoperasian unit sarana,” jelas Hasim.

Dia menambahkan, “Kegiatan implementatif mencakup lomba futsal, lomba bulu tangkis, fun running, perlombaan implementasi GMP tambang dan workshop, perlombaan inovasi keselamatan pertambangan, pelatihan rescue bagi personel Emergency Response Team, lomba video tiktok promotif dan himbauan keselamatan pertambangan.”

Kegiatan MASTER, ungkap Hasim, dihadiri langsung oleh Kepala Teknik Tambang PT MIP Bapak M. Robert Boro, Manager Operasional PT MIP Bapak Krishna Blassmara, Head Departement PT Mandiri Intiperkasa, Seluruh PJO Mitra Kerja PT Mandiri Intiperkasa dan pekerja tambang. Penutupan BK3N tahun 2024 PT Mandiri Intiperkasa juga memberikan reward karyawan, pemenang perlombaan dan dengan doorprize utama 1 unit sepeda motor.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Meningkat Peminat Turun Drastis

“Didalamnya kami juga menganugerahkan penghargaan Krassi Award dengan kategori Best Performance Penanggung Jawab Operasional dan Best Performance Pengelolaan Usaha Jasa di site kami untuk memotivasi kinerja baik dari mitra kerja kami “, ungkapnya.

Diketahui bahwa pada pada acara penutupan semalam, Best performance Pengelolaan Usaha Jasa Inti dianugerahkan kepada PT Mandiri Herindo Adiperkasa dan PJO terbaik Usaha Jasa Inti yaitu Bapak Pritho Margianto. Sedangkan Best performance Pengelolaan Usaha Jasa Non Inti dianugerahkan kepada PT Sucofindo Cabang Tarakan Unit Pelayanan Sesayap dan PJO terbaik Usaha Jasa Non Inti yaitu Bapak Norman.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *