756 Peserta Ramaikan MTQ ke-XIX Tingkat Kabupaten Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XIX Tingkat Kabupaten Nunukan resmi dibuka oleh Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, pada Sabtu 24 Februari 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kafilah dari tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan, dengan total peserta mencapai 756 orang. Dewan hakim 60 orang dan tim kerja, pengawas dan unsur Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) 40 orang. Kecamatan Sebatik berperan sebagai tuan rumah pada ajang MTQ tahun ini. Acara ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 27 Agustus 2023.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, mengatakan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten cukup meriah di Pulau Sebatik, dia juga melihat kekompakan warga termasuk penampilan saat pembukaan luar biasa dan sangat menggembirakan.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan Berlayar, Dishub Nunukan Batasi Jam Penyebrangan

“Kita melihat masyarakat di Sebatik ini sangat antusias menyambut pelaksanaan MTQ, termasuk kafilah yang cukup banyak rata-rata itu 700 dibandingkan ditempat lain,” kata H. Hanafiah, pada Ahad, 25 Februari 2024.

Pelaksanaan MTQ akan muncul bibit-bibit yang bertalenta di Kabupaten Nunukan sehingga bisa lagi berprestasi ke tingkat provinsi hingga nasional termasuk internasional.

Baca Juga :  Bea Cukai Nunukan Sebut Ekspor Minyak Kemiri ke Malaysia Tidak Dikenakan Cukai

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Nunukan, Abdul Munir mengatakan, dari 756 orang ada 30 yang di kualifikasi, dia juga menegaskan ajang MTQ selain lomba adalah ajang syiar agama.

Peran pemerintah Kecamatan dalam syiar agama menggali potensi anak-anak untuk dilatih mengembangkan kapasitas anak-anak yang ada di Kecamatan.

“Kita batasi setiap peserta MTQ tidak boleh mengambil peserta dari luar kecamatan nya, atau dari Kabupaten lain, makanya akan kita langsung kualifikasi,” jelasnya.

Abdul Munir menegaskan jangan sampai di ajang MTQ mengambil anak-anak dari daerah lain yang sudah berkembang, tapi harus mengembangkan potensi di setiap kecamatan sehingga dapat tumbuh dan mampu bersaing.

Baca Juga :  Ribuan Botol Minyak Kemiri Asal Indonesia Gagal Diselundupkan ke Malaysia

Sembilan cabang lomba di MTQ di perlombakan untuk mendapatkan piala bergilir di tingkat Kabupaten Nunukan:

1. Cabang Tilawah golongan remaja, Dewasa dan cacat netra

2 Cabang Tilawah Golongan Anak anak dan Tartil

3. Cabang Qiraat Mujawwad Golongan dewasa, dan Murattal dewasa dan remaja

4. Cabang Hifzhil Qur’an Golongan 1 juz s.d 30 Juz

5. Cabang Tafsir dan Hadits

6. Cabang Fahmil Qur’an

7. Cabang Syarhil Qur’an

8. Cabang Khattil Qur’an

9. Cabang Karya Tulis Ilmiyah al-Qur’an. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *