UNRWA: 84 Persen Faskes di Gaza Terdampak Agresi Israel

Gaza – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) pada Jumat mengatakan bahwa 84 persen fasilitas kesehatan (faskes) di Jalur Gaza terdampak agresi Israel.

Lewat unggahannya di platform X, UNRWA membagikan foto yang memperlihatkan kehancuran infrastruktur sipil di Gaza, termasuk sejumlah faskes miliknya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1889 votes

Selain kerusakan faskes, lebih dari 70 persen infrastruktur sipil “hancur atau rusak parah,” kata UNRWA, seraya menegaskan bahwa “tidak ada tempat yang aman.”

Baca Juga :  UNICEF Sebut 13.000 Lebih Anak di Gaza Terbunuh

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada 8 Februari menekankan bahwa peran UNRWA tak tergantikan setelah sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepang menghentikan pendanaan badan PBB tersebut.

Guterres kemudian melakukan pembicaraan dengan negara-negara donor agar mereka kembali mengucurkan pendanaan bagi UNRWA.

“Tidak ada organisasi lain yang kehadirannya begitu berarti di Gaza – dan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan situasi ini. Sehingga, tak ada organisasi lain yang mampu menggantikannya saat ini,” kata dia.

Baca Juga :  Lebih dari 600 Ribu Anak di Rafah Kelaparan di Tengah Serangan Israel

Sumber: WAFA / Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *