Cuaca Buruk Diprediksi Landa Kaltara 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) pada Kamis (16/2) dan Jumat (17/2).

Berdasarkan data BMKG, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di sebagian besar wilayah Kaltara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

Hal tersebut dikatakan Forecaster BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti, hujan lebat diprakirakan akan terjadi di Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, dan Tarakan.

Baca Juga :  Perekaman e-KTP di Kaltara 98,68 Persen

“Hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kaltara. Suhu udara di Kaltara berkisar antara 21-32 derajat celcius, dengan kelembapan udara sekitar 70-95 persen. Angin bertiup dari arah utara-timur laut dengan kecepatan 3-20 knot,” ucapnya, Jumat, (16/2/2024)

Selain hujan, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi di perairan Kaltara. Gelombang laut di perairan Kaltara diprakirakan antara 0,5-1,25 meter pada Kamis (16/2), dan meningkat menjadi 1,25-2,5 meter pada Jumat (17/2/2023).

Baca Juga :  Selama Febuari Jumlah Penumpang Angkutan Laut Capai 11.765 Orang

Hal ini disebabkan oleh adanya pertemuan massa udara dingin dari Samudera Pasifik dengan massa udara hangat dari Laut Cina Selatan.

Tak hanya itu BMKG mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada dan mengantisipasi dampak cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Baca Juga :  Selama Febuari Jumlah Penumpang Angkutan Laut Capai 11.765 Orang

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari aktivitas di luar rumah saat terjadi petir dan kilat, serta menjauhi benda-benda yang dapat menyalurkan arus listrik, seperti tiang listrik, pagar besi, dan antena. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *