Pendistribusian Logistik Pemilu ke Pedalaman Malinau Lewati Arung Jeram 

benuanta.co.id, MALINAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau mulai mendistribusikan Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 ke 109 desa yang tersebar di 15 wilayah Kecamatan di Kabupaten Malinau.

Memastikan kelancaran dan keamanan proses tahapan Pemilu 2024, Kepolisian Resor (Polres) Malinau pun mengerahkan ratusan personel untuk melaksanakan pengamanan dan pengawalan pergeseran Logistik Pemilu dari Gudang Logistik KPU Malinau menuju Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), salah satunya ke Kecamatan Pujungan.

Saat dikonfirmasi Kapolres Malinau menegaskan bahwa pergeseran logistik Pemilu 2024 ini akan mendapatkan pengawalan secara ketat. Tidak hanya pengawalan dari personel personel jajaran Polres saja, tapi jajaran Polsek juga akan ikut mengawal pengamanan logistik Pemilu.

Baca Juga :  Rapat Pleno Rekapitulasi Dimulai, Para Saksi Diingatkan Tetap Jaga Ketertiban

“Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pendistribusian logistik Pemilu di wilayah hukum Polres Malinau,” kata Kapolres yang akrab disapa Heru pada Senin, 12 Februari 2024.

Ia menjelaskan kondisi geografis rute pengiriman logistik dalam keadaaan yang cukup ekstrim. Hal ini diperburuk dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga menyulitkan tim untuk mengawal perjalanan pengiriman logistik Pemilu.

“Kami melakukan pemantauan langsung untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses distribusi Logistik Pemilu, khususnya malam ini untuk ke Kecamatan Pujungan. Pergeseran Logistik Pemilu ke Pujungan ini dimulai malam hari dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh dan transportasi yang digunakan menggunakan jalur darat dan sungai dengan di kawal personel Polres Malinau dari Kabupaten Malinau agar tiba di Dermaga Pemda Kabupaten Bulungan pada pagi hari, setelah itu pengawalan dilanjutkan menuju Kecamatan Pujungan dengan menggunakan Perahu Longboat. Jadi kami ingin memastikan bahwa logistik Pemilu 2024 sampai ke PPK dengan aman dan tepat waktu,” jelasnya.

Baca Juga :  Kumpul Bareng Relawan, Hj Rahmawati : Tetap Kompak Bersama Masyarakat 

Ia juga menambahkan, logistik Pemilu yang telah tiba di setiap PPK, nantinya akan mendapatkan pengamanan selama 24 jam penuh oleh petugas Kepolisian, hal ini dilakukan sebagai upaya memastikan keamanan dan kelancaran distribusi Logistik sampai ke tingkat PPK hingga TPS.

“Tentu kita sangat berharap agat, pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Malinau berjalan lancar dan tepat waktu. Kita tahu semua, saat ini cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan. Tentu kita berharap seluruh Logistik Pemilu 2024 diterima hingga KPPS dalam keadaan baik dan tentu kita juga mendoakan keselamatan seluruh tim yang terlibat,” ucapnya.

Baca Juga :  Kegiatan Sambang Upaya Ditbinmas Polda Kaltara Menciptakan Kamtibmas

Sementara itu Ketua KPU Malinau, Lesanias mengatakan pengiriman logistik Pemilu kali ini akan sangat berbeda dengan Pemilu sebelumnya, dimana 9 dari 15 Kecamatan yang ada di Malinau. Akan dijadikan tempat merakit kotak suara.

“Jika dirakit di Gudang logistik maka hal itu akan sangat tidak efisien, sehingga dengan pengawasan ketat sebagian kota suara akan dirakit di Kecamatan masing-masing,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *