Jalan Lingkar Krayan Bakal Diperbaiki Gunakan APBD dan APBN

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kabar gembira bagi warga Krayan Kabupaten Nunukan. Tahun ini, jalan yang terdapat di wilayah tersebut kembali disentuh anggaran untuk perbaikan, khususnya jalan lingkarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Helmi menyatakan jalan lingkar Krayan tahun kembali dianggarkan baik dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) maupun anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2024.

“Tahun ini jalan tersebut akan dibiayai pusat, karena sebagian itu ada masuk Inpres Jalan Daerah (IJD), ini kurang lebih Rp 50 sampai Rp 80 miliar,” sebut Helmi.

Baca Juga :  DPUPR Perkim Kaltara akan Gelar Pelatihan Juru Gambar BIM

Dia menyebutkan, panjang total jalan lingkar Krayan mencapai 125 kilometer. Link dari Long Bawan hingga Long Layu memiliki panjang 45 kilometer, dan dari Long Layu ke Binuang sepanjang 80 kilometer.

“Panjang efektif yang dikerjakan dari anggaran IJD itu diperkirakan untuk pekerjaan agregat bisa separuhnya untuk perkerasan dan pengaspalan kemungkinan sepanjang 10 kilometer,” terangnya.

Baca Juga :  DPUPR Perkim Kaltara akan Gelar Pelatihan Juru Gambar BIM

Selain itu, yang bersumber dari APBD yang akan dikucurkan ke Krayan, kata Helmi ada 2 paket. Pertama paket dari Long Bawan ke Long Budud hingga Long Layu sebesar Rp 7,5 miliar, dan Long Layu ke Binuang sebesar Rp 7,5 miliar.

“Sehingga, total APBD 2024 yang digunakan mencapai Rp 15 miliar,” tutur.

Ia menjelaskan perbaikan jalan di Krayan akan sangat membantu mobilitas warga, menghubungkan antara daerah yang satu dengan yang lain, serta mempermudah transportasi barang dan jasa. Selain itu, perbaikan jalan juga akan berdampak positif pada perekonomian lokal di daerah tersebut.

Baca Juga :  DPUPR Perkim Kaltara akan Gelar Pelatihan Juru Gambar BIM

“Kita berharap perbaikan jalan di Krayan ini dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Semoga jalan yang dibangun dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama, dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *