Gubernur Kaltara Tekankan Perusahaan Tegas Laksanakan K3

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Serahkan penghargaan kepada 15 perusahaan yang mendapatkan penghargaan Zero Accident Award 2024. Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang mengingatkan semua pihak perusahaan yang ada di Kaltara untuk lebih memperhatikan keselamatan kerja para pekerjannya.

Penghargaan Zero Accident Award sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemenetrian Ketenagakerjaan RI (Menaker RI) kepada Perusahaan yang dianggap sukses dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) selama satu tahun hitungan kalender.

“Jadi tindak hanya kesejahteraan dan jaminan kesehatan pekerja saja yang harus diperhatikan. Tapi juga keselamatan dan nyawa mereka yang sudah berkontribusi buat perusahaan, apalagi mereka juga punya keluarga yang menunggu mereka,” kata Gubernur Zainal pada Rabu, 7 Februari 2024.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TP2DD Wilayah Kalimantan Utara

Gubernur juga berharap jumlah perusahaan yang mendapatkan penghargaan ini bisa bertambah setiap tahunnya, sebagai komitmen pihak perusahaan kepada daerah dan masyarakat Kaltara untuk memperhatikan keselamatan pekerja.

“Bukan tidak diperhatikan, mungkin perusahaan lain juga lagi mempersiapkan standar K3 karena masih banyak juga perusahaan yang baru beroperasi di Kaltara,” jelasnya.

“Makanya saya ingatkan kepada perusahaan lain agar memperhatikan soal K3 ini, kalau perlu di tahun depan semua perusahaan yang ada di Kaltara dapat penghargaan ini sebagai bukti kalau mereka juga peduli sama keselamatan pekerja,” tambahnya.

Baca Juga :  BKPRMI Diharapkan Dorong Sinergitas Bersama Membangun Kaltara

Selain K3, orang nomor satu di Kaltara itu juga menekankan agar pihak perusahaan bisa mempersiapkan dan memberikan jaminan kematian kepada keluarga pekerja khususnya ahli waris sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap keluarga pekerja.

“Hal itu wajib, karena yang namanya insiden dan ajal kita tidak akan pernah tahu. Makanya jaminan kematian sangat penting bagi semua pekerja, khususnya pekerja yang bekerja di perusahaan pertambangan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Pekan Imunisasi Nasional Polio Digelar Serentak

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *