Kunjungan Wisman lewat Nunukan dan Tarakan Meningkat 48,12 Persen

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kalimantan Utara (Kaltara) melalui pintu keimigrasian di Kabupaten Nunukan jalur laut pada Desember 2023, terdapat sebanyak 1.618 kunjungan atau mengalami peningkatan sebanyak 283 kunjungan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Sedangkan jumlah kunjungan wisman melalui Kota Tarakan pada jalur laut erdapat sebanyak 386 kunjungan atau mengalami peningkatan sebanyak 368 kunjungan pada Desember 2023 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Baca Juga :  RSUD JSK Bakal Gelar Forum Konsultasi Publik

Secara keseluruhan kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara Mas’ud Rifai, mengatakan jumlah kunjungan wisman melalui pintu keimigrasian melalui Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan di jalur laut pada Desember 2023 terdapat sebanyak 2.004 kunjungan atau terjadi peningkatan sebanyak 48,12 persen.

“Secara kumulatif, jumlah wisman yang berkunjung ke Kalimantan Utara melalui pintu keimigrasian pada periode Januari-Desember 2023 mencapai 21.052 kunjungan,” katanya, Ahad 4/2/2024).

Baca Juga :  Indeks Karakter Peserta Didik di Kaltara Meningkat

Sedangkan jumlah wisman yang berkunjung ke Kaltara berdasarkan Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat atau undocumented di pintu keimigrasian seperti pada pintu-pintu yang tidak resmi ternyata masih banyak. Sehingga BPS bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Telkomsel untuk melakukan penghitungan dengan menggunakan metode Mobile Position Data (MPD) untuk menghitung jumlah wisman.

Berdasarkan MPD, jumlah wisman yang berkunjung ke Kaltara sebanyak 36.893 kunjungan atau terjadi peningkatan sebesar 64,58 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Upayakan Permintaan Bantuan Pertanian Terpenuhi Tahun Ini

Secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman MPD ke Kaltara pada periode Januari-Desember 2023 sebanyak 481.681 kunjungan, atau terjadi penurunan sebesar 7,63 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang tercatat sebanyak 521.468 kunjungan. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *