Provinsi Kaltara Terima Anugerah Parahita Ekapraya Pratama

benuanta.co.id, BULUNGAN – Dinilai mampu mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan. Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP seusai menerima penghargaan APE mengatakan jika penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PPPA sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran serta pemerrintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan di Kaltara.

“Ini atas Prakarsa, komitmen dan keberhasilan dalam pencapaian pembangunan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di pusat dan daerah. Kami menerima APE tingkat Pratama,” ucap Yansen kepada benuanta.co.id, Senin, 29 Januari 2024.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kaltara, Wahyuni Nuzband mengatakan penghargaan APE ini diberikan karena Provinsi Kaltara telah mampu mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Jadi, dari 38 provinsi di Indonesia, hanya 25 provinsi yang mendapatkan APE salah satunya Kalimantan Utara,” sebutnya.

Kata dia, Provinsi Kaltara telah memenuhi beberapa komponen penilaian, sehingga Kementerian PPPA memberikan ganjaran penghargaan. Wahyuni Nuzband mengatakan jika komponen penilaian itu datang dari salah satunya kelembagaan. Lalu ada dari sisi pelayanan pemberdayaan perempuan.

“Kenapa kita dapat, karena kita sudah memenuhi kriteria dalam kategori APE Pratama dari tiga tingkatan yakni Pratama, Madya dan Utama serta Nindya,” paparnya.

Walaupun masih tingkatan pratama, pihaknya tidak berkecil hati lantaran Kaltara juga baru dan mampu setingkat dengan provinsi lainnya.

“Kita sebenarnya tidak berkompetisi, dan ini patut kita syukuri karena ditengah keterbatasan makanya dijadikan motivasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *