STY: Performa Indonesia di Piala Asia 2023 tak Cerminkan Ranking FIFA

Jakarta – Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) menegaskan level permainan timnya di pergelaran Piala Asia 2023 Qatar tidak mencerminkan peringkat ranking FIFA saat ini sebagai ranking terendah dengan menempati peringkat 146 dunia FIFA edisi terakhir per 21 Desember 2023.

Peringkat ranking FIFA Indonesia adalah peringkat dua terendah dari 24 tim yang berlaga di Piala Asia 2023 bersama Hong Kong yang ada di peringkat 150 dunia.

Dengan kemenangan 1-0 melawan Vietnam dan kalah 1-3 dengan skor yang sama dari Irak dan Jepang dari laga di Grup D, STY menegaskan level Indonesia saat ini jauh lebih baik dari hanya sekedar ranking 146 dunia.

Baca Juga :  Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen Setelah Tekuk Sevilla 1-0

“Saya melatih tim terlemah di antara 24 tim di kompetisi ini jadi ini adalah pengalaman lain. Tim Indonesia berada di peringkat 146 FIFA, namun tingkat performa kami tidak sama dengan peringkat FIFA kami,” kata STY, melansir dari laman resmi AFC, Kamis.

Dengan hasil satu kemenangan dan dua kekalahan, tim Merah Putih saat ini finis sebagai peringkat tiga Grup D dengan 3 poin dan selisih gol -3.

Baca Juga :  Athletic ke Final Piala Raja usai Singkirkan Atletico Dalam Semifinal

Hasil ini membuat Indonesia harus menunggu hasil laga Grup E dan Grup F yang akan dimainkan pada hari ini Kamis pukul 18.30 WIB dan 22.00 WIB untuk menentukan nasibnya lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat tiga terbaik.

Namun, kata Shin, lolos atau tidaknya Indonesia ke babak 16 besar, berpartisipasi dalam turnamen besar seperti Piala Asia menurutnya sudah sangat cukup membuatnya bangga untuk perkembangan performa timnya di masa depan.

Baca Juga :  Lima Gol Erling Haaland Warnai Kemenangan City atas Luton Town

“Kami adalah tim termuda di grup kami dan dengan memiliki pengalaman melawan tim-tim terbaik di Asia akan membantu tim kami untuk terus berkembang,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

“Sebagai pelatih kepala, kompetisi semacam ini memberi saya kesan tentang peningkatan yang diperlukan,” tambahnya.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *