Kekurangan Pengawas TPS, Bawaslu Buka Pendaftaran Gelombang Empat

benuanta.co.id, TARAKAN – Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di wilayah Kota Tarakan masih kurang. Mengatasi kukurangan ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membuka pendaftaran gelombang ke empat.

Pendaftaran akan dimulai 24 Januari 2024 hingga 7 Februari 2024 mendatang sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang ada. Saat ini terdapat 543 pengawas TPS dan masih kekurangan 139 orang. Ketua Bawaslu Kota Tarakan, Riswanto mengungkapkan kebutuhan Pengawas TPS di Tarakan berjumlah seluruhnya 682 orang. Ada beberapa kecamatan yang Pengawas TPS nya masih kurang, yakni Tarakan Barat, Timur, dan Tengah.

“Yang banyak itu Tarakan Barat, masih kurang 80an,” ujar Riswanto, Selasa (24/1/2024).

Baca Juga :  Prabowo Terima Kenaikan Pangkat dari Presiden Jokowi

Dikatakan Riswanto, pada gelombang sebelumnya para pendaftar banyak gugur pada persyaratan batas maksimum umur yaitu minimal berusia 21 tahun. Oleh karena itu, pada pendaftaran gelombang keempat batas usia minimal 17 tahun.

Pihaknya pun optimis jumlah pengawas TPS yang kurang tersebut akan terpenuhi pada pendaftaran gelombang keempat ini. Ia juga mengajak masyarakat Tarakan untuk berpartisipasi di Pemilu 2024 dengan menjadi bagian dari penyelenggara dengan menjadi Pengawas TPS.

Sesuai dengan surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 28/HK.01/K1/01/2024 Tentang Perubahan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 504/KP.01/k1/12/2023 Tentang Petunjuk Teknis Pembentukan Dan Penggantian Antar Waktu Pengawas Tempat Pemungutan Suara Dalam Pemilu 2024, sebanyak 543 Pengawas TPS di Tarakan telah dilantik pada 22 Januari 2024.

Baca Juga :  Pengamat Sebut Salaman Sri Mulyani-Prabowo Tepis Isu Miring di Publik

“Pada Tanggal 22 Januari 2024 Panwascam melantik Pengawas TPS di Empat kecamatan secara serentak. Panwaslu Kecamatan Tarakan Timur, Tarakan Tengah dan Tarakan Barat melaksanakan Pelantikan di Pagi hari, sedangkan Panwaslu Kecamatan Tarakan Utara melaksanakan pelantikan di Sore Hari,” ungkapnya.

“Pengawas Pemilu memiliki peran krusial dalam menjaga integritas dan keadilan proses demokrasi kita, dengan penuh semangat, kalian telah dipilih untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan keberanian. Kalian adalah garda terdepan dalam memastikan bahwa hak-hak setiap pemilih dihormati, dengan kerja keras kalian semua maka telah berkontribusi untuk membangun bangsa dan negeri ini,” sambungnya.

Baca Juga :  Mendagri Apresiasi Keberhasilan Polri Amankan Pemilu 2024

Ia berpesan kepada jajaran Pangawas Pemilu Kecamatan Kecamatan, PKD, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara yang baru dilantik agar menjaga netralitas dan Integritas selama pemilu.

“Jika biasa foto selfi dan foto lainnya pakai isyarat jari tangan, maka pada tahun politik ini kami meminta agar ditahan dulu, postingan dimedia sosial yang berhubungan dengan partai politik maupun calon legislatif tidak boleh memberikan like bahkan sampai berkomentar,” ungkapnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *