Gubernur Zainal Dukung Hadirnya Posyantek Pertama di Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) mendukung peningkatan kapasitas kelembagaan pos pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek) dalam pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) pertama di Kaltara. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kecamatan Tarakan Timur dan dihadiri oleh stakeholder terkait, pada Kamis, 25 Januari 2024.

Dikatakan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang salah satu fungsi kehadiran pemerintah di tengah masyarakat yaitu untuk memberdayakan masyarakat.

“Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya pengembangan masyarakat melalui penciptaan kondisi yang memungkinkan masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri melalui pemberian sumberdaya kesempatan dalam pengambilan keputusan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat,” ujar Gubernur Kamis (25/1/2024).

Baca Juga :  Ciptakan Layanan Publik yang Baik, BKD Kaltara Mulai Lakukan Penilaian Kinerja Aparatur

Di era globalisasi, lanjur Gubernur, tingkat persaingan menjadi semakin tinggi seperti saat ini masyarakat harus mampu berdiri dalam berbagai aspek termasuk ekonomi masyarakat. Salah satu strategi untuk mempercepat kemajuan ekonomi tersebut, dapat dilakukan percepatan pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.

Ia menyebut, Posyantek merupakan lembaga kemasan yang berada di tingkat kecamatan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang TTG.

Baca Juga :  Sidang ke 26 Sosek Malindo, Fokus Peningkatan Kesejahteraan di Kawasan Perbatasan Negara

“Diharapkan TTG dapat mendorong penguatan kapabilitas masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap TTG yang diciptakan oleh salah satu pemenang lomba TTG tingkat nasional yaitu Misri, bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM sehingga produksi bisa cepat tepat dan lebih baik hasilnya.

“Pemprov pasti akan bantu. Kami berikan bantuan hibah kepada pelaku UMKM,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Tingkatkan Daya Saing Wilayah, Pemprov Dorong Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Wisata

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2631 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *