Gubernur Zainal Dukung Hadirnya Posyantek Pertama di Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) mendukung peningkatan kapasitas kelembagaan pos pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek) dalam pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) pertama di Kaltara. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kecamatan Tarakan Timur dan dihadiri oleh stakeholder terkait, pada Kamis, 25 Januari 2024.

Dikatakan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang salah satu fungsi kehadiran pemerintah di tengah masyarakat yaitu untuk memberdayakan masyarakat.

Baca Juga :  Tahun Ini Pemprov Tambah Kuota Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis

“Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya pengembangan masyarakat melalui penciptaan kondisi yang memungkinkan masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri melalui pemberian sumberdaya kesempatan dalam pengambilan keputusan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat,” ujar Gubernur Kamis (25/1/2024).

Di era globalisasi, lanjur Gubernur, tingkat persaingan menjadi semakin tinggi seperti saat ini masyarakat harus mampu berdiri dalam berbagai aspek termasuk ekonomi masyarakat. Salah satu strategi untuk mempercepat kemajuan ekonomi tersebut, dapat dilakukan percepatan pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.

Baca Juga :  Sosialisasi PDLN, ASN Kaltara Diminta Profesional dan Bertanggung Jawab

Ia menyebut, Posyantek merupakan lembaga kemasan yang berada di tingkat kecamatan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang TTG.

“Diharapkan TTG dapat mendorong penguatan kapabilitas masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap TTG yang diciptakan oleh salah satu pemenang lomba TTG tingkat nasional yaitu Misri, bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM sehingga produksi bisa cepat tepat dan lebih baik hasilnya.

Baca Juga :  Wagub Yansen Paparkan Lima Ranperda kepada DPRD Kaltara 

“Pemprov pasti akan bantu. Kami berikan bantuan hibah kepada pelaku UMKM,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *