Polsek Tanjung Palas Timur Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Mangkupadi

benuanta.co.id, BULUNGAN – Banjir yang terjadi di Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan, membuat warga setempat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dari genangan air. Namun, dari musibah tersebut, muncul sebuah kisah inspiratif yang patut dicontoh oleh masyarakat.

Kapolsek Tanjung Palas Timur, Iptu H. Firman Arifai, beserta tim melaksanakan giat evakuasi dan pemberian bantuan kepada warga masyarakat Kilometer 9 Desa Mangkupadi yang berjumlah sekitar 50 kepala keluarga.

“Kami melakukan pemberian bantuan makanan pada warga yang terdampak banjir,” ucap Iptu Firman kepada benuanta.co.id, Rabu, 24 Januari 2024.

Baca Juga :  Hari Ke-2 Pengamanan Rekapitulasi Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil PSU Tarakan Tengah

Dengan curah hujan yang tinggi, Sungai Mangkupadi meluap dan merendam beberapa pekarangan rumah warga pada malam hari. Ketinggian banjir yang diperkirakan 80 sentimeter hingga 2 meter meluas di wilayah RT 04, RT 09, dan RT 14 Desa Mangkupadi.

“Tidak hanya itu, banjir juga membawa patahan kayu yang membahayakan keselamatan masyarakat,” jelasnya.

Iptu Firman Arifai dan timnya merespons cepat ke lokasi dan membawa bantuan makanan bagi para pengungsi. Mereka juga melakukan evakuasi menggunakan perahu ketinting karena ada beberapa warga yang tidak bisa keluar dari rumah akibat ketinggian air.

Baca Juga :  Hari Kedua Operasi Patuh Kayan Polda Kaltara Razia Pengendara di Jalan Sengkawit Tanjung Selor

Selain itu, pihak kepolisian juga melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan BPBD Bulungan untuk menyediakan tempat pengungsian dan bantuan bagi warga yang terdampak banjir hingga saat ini.

“Untuk data sementara jumlah KK yang terdampak banjir diperkirakan 50 KK dengan jumlah jiwa berkisar antara 200 sampai 250 jiwa. Dan untuk langkah langkah yang dilakukan di lapangan,” sebutnya.

Dalam situasi darurat, kepedulian dan kerja sama di antara masyarakat, pemerintah dan kepolisian sangat penting untuk meminimalisir kerugian dan mempercepat upaya evakuasi serta rehabilitasi.

Baca Juga :  Polda Kaltara Back Up Polres Tarakan Pengamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil PSU Tarakan Tengah 

Sikap bijak, cepat tanggap, dan peduli dari Iptu Firman Arifai dan timnya dapat menjadi contoh bagi para pemimpin lainnya untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir ataupun bencana alam lainnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2583 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *