Kabalai PUPR Kaltara Serahkan Pemanfaatan Spam Pembeliangan ke Perumda Air Minum Tirta Taka

benuanta.co.id, NUNUKAN – Balai Prasarana dan Pemukiman Kementerian PUPR Wilayah Kalimantan Utara menyerahkan pengelolaan dan serah terima pemanfaatan spam Ibukota Kecamatan di Pembeliangan dengan kapasitas 10 liter per detik di Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Rabu, 24 Januari 2024.

Kepala Balai Prasarana dan Pemukiman Kementerian PUPR Wilayah Kaltara, Nuris Wahyudi membenarkan atas menyerahkan serah terima pemanfaatan Spam Pembeliangan di Kecamatan Sebuku kepada Perumda Air Minum Tirta Taka Nunukan.

“Mudah-mudahan Spam Pembeliangan akan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar ,” kata Wahyudi, kepada benuanta.co.id.

Dia berharap Instalasi Pengolahan Air (IPA) dapat dikelola dengan baik agar berkelanjutan dan konsisten serta dapat dinikmati masyarakat Kecamatan Sebuku.

Baca Juga :  BP2MI dan Pemda Nunukan Kerja Sama Kawal Pemenuhan Prosedur PMI

Direktur Perumda Air Minum Tirta Taka Nunukan, Masdi mengatakan, spam pembeliangan yang ada di Kecamatan Sebuku ini memiliki kapasitas 10 liter per detik dan mampu melayani 1000 pelanggan.

Saat ini Spam Pembeliangan telah dialirkan kepada pelanggan. Dan ini merupakan sinergi antara pemerintah daerah dan pusat seperti Balai Prasarana Dan Pemukiman Kementerian PUPR.

“Kita sambut dengan baik, apalagi memasuki bulan Ramadhan yang sangat membutuhkan air bersih jadi dengan kehadirannya Spam Pembeliangan tentu akan dinantikan oleh masyarakat,” jelasnya.

Kata Masdi, dia telah menghitung jualan rumah warga di Pembeliangan sekitar 148 rumah, sehingga pengembangannya tidak sampai disini saja, tapi bisa meluas, seperti rumah sakit, fasilitas sekolah dan lainnya.

Baca Juga :  Ombudsman RI Selesaikan 1.400 Aduan Transmigran Nunukan Terkait Hak Kepemilikan dan Bagi Hasil Kebun Plasma

Sementara itu, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, menyampaikan fasilitas Spam Pembeliangan yang diserahkan oleh Balai Prasarana Dan Pemukiman Wilayah Kalimantan Utara, pada hari ini menjadi bukti bahwa pemerintah sangat komitmen untuk memberikan pelayanan secara adil dan merata.

“Jika selama ini layanan air bersih hanya dinikmati oleh mereka yang tinggal di perkotaan, maka mulai sekarang masyarakat yang tinggal di desa pembeliangan pun bisa merasakan pelayanan yang sama,” terangnya.

Harus diakui, layanan air bersih seperti ini mungkin belum bisa menjangkau semua desa dan kecamatan di Kabupaten Nunukan, apalagi jika memperhatikan kondisi geografis Kabupaten Nunukan yang begitu luas dan kompleks.

Baca Juga :  Bawa Sabu 1 Gram dari Tarakan, Oknum ASN Nunukan Diciduk Polisi

Kata Laura, dengan komitmen yang kuat, sungguh – sungguh, dan berkat sinergi semua, mudah-mudahan secara bertahap layanan air bersih dari pemerintah bisa menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Nunukan.

“Dengan keberadaan Spam Pembeliangan diharapkan mampu meningkatkan kualitas sanitasi di masyarakat. Jika air minum yang dikonsumsi oleh masyarakat semakin baik dan berkualitas, maka dalam jangka panjang hal itu akan bisa memperbaiki kualitas kesehatannya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *