Jum’at Curhat Polda Kaltara Silaturahmi dan Ngopi Bareng dengan Warga, Tekankan Pemilu Aman dan Damai

Bulungan – Polda Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar acara silaturahmi bersama Komunitas PSHT Tanjung Selor, Komunitas PSHW Tanjung Selor, Komunitas Tapak Suci Tanjung Selor, tukang ojek Tanjung Selor di Cafe Labolong Jalan Sengkawit Tanjung Selor, Jum’at (12/01/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut Dir Binmas Polda Kalimantan Utara Kombes Pol. Eri Dwi Hariyanto, S.I.K., dan personelnya. Dalam sambutannya, Dir Binmas Polda Kaltara menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini untuk mendukung Pemilu damai 2024.

Dir Binmas Polda Kaltara menekankan pentingnya menjaga situasi kamtibmas menjelang Pemilu 2024 agar aman dan damai.

Baca Juga :  Rapat Koordinasi Bidkum Polda Kaltara Tahun Anggaran 2024

“Seluruh komunitas silat dan para ojek di Kabupaten Bulungan diharapkan dapat menjaga kondusifitas dan menghindari perselisihan.” tutur Dir Binmas Polda Kaltara.

Dir Binmas juga mengingatkan agar anggota komunitas silat menghindari gesekan baik sesama perguruan maupun lain perguruan silat bahkan dengan aparat keamanan dan masyarakat.

“Ini untuk mencegah munculnya permasalahan dan Alhamdulillah hingga saat ini, hubungan harmonis antara Kepolisian dan komunitas silat di Bulungan telah terjalin dengan baik,” ungkapnya.

Adapun keluhan dan pertanyaan diantaranya dari Bagus, soal bagaimana solusinya yang dapat dilakukan apabila ada warga atau orang yang membuat onar di suatu wilayah sehingga menganggu ketentraman di wilayah tersebut?

Baca Juga :  Wakapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 4 Pati Polri

“Dalam penanganan permasalah ini, kita tidak boleh melakukan main hakim sendiri, namun dapat dilaporkan segera ke pihak kepolisian agar penanganannya dapat diselesaikan oleh pihak kepolisian,” jelas Dir Binmas Polda Kaltara.

Wawan menanyakan soal apabila kita diserang oleh orang lain dan kita ingin membela diri hingga orang yang menyerang tersebut meninggal akibat dari pembelaan kita, apakah kita akan kena pidana?

Baca Juga :  Wakapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 4 Pati Polri

Tanggapan Dir Binmas Polda Kaltara, “Apabila kita dalam membela diri ini kita dengan sengaja untuk membunuh orang tersebut maka kita akan dikenakan pidana, namun bilamana tidak sengaja dalam melakukan pembelaan dan mengakibatkan orang yang menyerang meninggal, maka akan lain putusan ketika di persidangan.

Selanjutnya Dir Binmas menghimbau terkait masalah Pemilu agar masyarakat senantiasa menjaga kamtibmas agar tetap aman dan kondusif meskipun berbeda pilihan dalam Pemilu.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *