Jay Idzes Resmi jadi Warga Negara Indonesia

Jakarta – Salah satu calon pemain naturalisasi Tim Nasional Indonesia, Jay Noah Idzes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) seusai menjalani pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta  Kamis.

Pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun, yang kemudian diikuti oleh Jay.
“Demi Tuhan yang Maha Esa, saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing. Mengakui, tunduk, dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945,” kata Jay dalam acara pengambilan sumpah.
Jay Noah Idzes merupakan pesepak bola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain yang biasa menempati posisi bek tengah tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.
Selain Jay, Nathan Tjoe-A-On pada awalnya juga diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI. Namun, pemain berusia 22 tahun tersebut berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya, Swansea City.

Baca Juga :  Liverpool Tundukkan Luton Town 4-1 Meski Dihantam Badai Cedera

Proses naturalisasi Idzes menjadi WNI berlangsung singkat. Pada awal Desember ini, Komisi III dan X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui pengajuan naturalisasi, yang kemudian dilanjutkan dengan persetujuan di Sidang Paripurna DPR.

Adapun Jay saat ini masih membela klub Serie B Italia, Venezia. Ia sudah bermain sepak bola sejak usia tujuh tahun.
Awal karir sepak bola Idzes dimulai saat bermain untuk klub amatir SC Brabant di Mierlo. Di sana ia bermain selama 1,5 tahun, sebelum saat berusia sembilan tahun dilirik oleh pencari bakat dari PSV Eindhoven.
Idzes lantas berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014.

Baca Juga :  Xavi: Kami ingin Tiga Poin untuk Beri Tekanan pada Girona dan Madrid

Jay bertahan selama dua tahun di klub tersebut, sebelum kemudian pindah ke FC Eindhoven dan bermain di tim akademi juniornya.

Setelah dua tahun mencari ilmu dan pengalaman di tim junior, Idzes mulai dibutuhkan oleh tim inti Eindhoven dan mencatatkan 57 penampilan di sana. Ia berikutnya pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023.
Pada 30 Juni 2023, Idzes kemudian pindah ke klub strata kedua Italia, Venezia, dengan ikatan kontrak selama empat tahun.
Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *