Buaya Masuk Wisata Labuan Cermin, BKSDA Kaltim Lakukan Sterilisasi

benuanta.co.id, BERAU – Satu ekor buaya kembali ditemukan pada sekitar area objek wisata Labuan Cermin di Kecamatan Bidukbiduk, Kabupaten Berau, pada Kamis (28/12/2023).

Hal itu terpantau berdasarkan sterilisasi yang dilakukan tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur, bersama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Biduk-biduk, pada 22 hingga 24 Desember 2023 lalu.

“Masih ada satu ekor buaya terpantau di Labuan Cermin,” ungkap Polhut BKSDA Kaltim, Hendra Jaya.

Dengan masih adanya buaya tersebut, pihaknya meminta kepada pengelola wisata untuk tidak buru-buru membuka objek wisata tersebut dalam beberapa hari ke depan, sampai dinyatakan benar-benar aman.

Baca Juga :  DPRD Minta Pemkab Berau Tingkatkan Pelayanan ke Kampung

“Tentu kita tidak ingin terjadi hal-hal yang dapat membahayakan pengunjung yang datang,” ucapnya

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Biduk-biduk, Randi Ade Chandra mengungkapkan akan terus melakukan pemantauan 24 jam setiap harinya.

“Sementara buaya yang berhasil terpantau, akan segera dilakukan evakuasi bersama dengan BKSDA untuk dipindahkan,” ujarnya.

Dirinya juga menduga, buaya yang berada di sekitar lokasi lebih dari satu ekor sebab, pagar pengaman yang dibangun untuk mengahalau masuknya buaya masih dalam pengerjaan.

Baca Juga :  80 Orang Tua Ikut Pelatihan Anak Berkebutuhan Istimewa

“Buaya ini berada di sekitar areal Labuan Cermin untuk mencari makan. Biasanya monyet ekor panjang yang diincar. Di mana monyet ini berkumpul di tepi danau, buaya akan mendekat. Kalau berkumpul di luar danau, buaya pasti ke luar juga,” bebernya.

Selain itu, pembangunan pagar pengaman tersebut masih dalam proses penyelesaian yang ditargetkan akan segera selesai.

Baca Juga :  KPU Klaim Kecil Kemungkinan Lakukan Pemungutan Suara Ulang

“Mungkin 2-3 hari lagi selesai,” tuturnya.

Dalam proses sterilisasi, masih berlanjut 29 Desember dan tidak ada yang boleh melakukan aktivitas berenang di Labuan Cermin, sampai situasi benar-benar aman dan tidak ada ancaman.

“Setelah dinyatakan benar-benar aman, dan pagar sudah selesai dibangun, labuan cermin akan dibuka dengan pengawasan ketat. Tapi sebelum semua aman, tidak ada aktivitas berenang di sana,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *