Surat Suara Pemilu Telah Tiba di Gudang Logistik, Siap Didistribusikan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Surat suara yang akan digunakan pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 sebagian besar telah diproduksi. Utamanya surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, juga surat suara calon legislatif pada tingkat pusat, baik Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia serta DPRD kabupaten kota.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Suryanata Al-Islami mengatakan surat suara yang telah tercetak kini dimasukkan ke gudang logistik masing-masing KPU kabupaten kota.

Baca Juga :  Suara Prabowo-Gibran Capai 57,46 Persen Berdasarkan Hitung Cepat KPU 

“Surat suara sudah pendistribusian ke masing-masing gudang logistik KPU kabupaten kota. Distribusi logistik ke gudang itu, baik menggunakan media dan pengamanan itu menjadi tanggungjawab penyedia,” ucap Suryanata.

Lanjutnya, penyedia di sini adalah perusahaan yang memenangkan tender pengadaan surat suara pemilu. Kata dia, yang menjadi tanggungjawab KPU dan pihak pengamanan di daerah setelah surat suara sudah sampai ke gudang logistik masing-masing KPU.

Baca Juga :  Pleno Rekapitulasi Ditunda, KPU Tarakan Tunggu Instruksi KPU RI

“Kemarin surat suara pilpres turun di Berau lalu ke Bulungan, lanjut ke KTT terus ke Malinau, dari Malinau lanjut ke Nunukan lewat Sungai Ular dan ke Tarakan menggunakan kapal ferry,” jelasnya.

Terkait pendistribusian surat suara ke tempat pemungutan suara (TPS) pihaknya mengatensi kepada KPU kabupaten kota, khususnya Malinau dan Nunukan yang memiliki wilayah sulit dijangkau lebih didahulukan dibandingkan wilayah perkotaan.

“Contoh Nunukan itu menggunakan armada khusus yakni penerbangan ke Krayan, tentu durasi pengirimannya berbeda dengan areal kota yang biasanya H-1. Kalau Krayan karenq terdiri 5 kecamatan maka harus lebih awal,” terangnya.

Baca Juga :  Viral Caleg Protes Jumlah Perolehan Suaranya di KTT, Bawaslu Kaltara Minta Buat Laporan dan Bukti

Suryanata menjelaskan dalam pendistribusian akan dibuatkan catatan, ketika sampai di gudang logistik ada tahapan hitung dan sortir. Ketika didapati surat suara yang rusak akan dilakukan pengajuan pergantian. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *