Korea Utara Ancam Luncurkan Senjata Nuklir jika Diprovokasi Musuh

Ankara – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali mengingatkan bahwa negaranya tak akan ragu meluncurkan serangan nuklir jika ‘musuh’ memprovokasi negara itu dengan senjata nuklir, lapor media pemerintah pada Kamis.

Kim membuat pernyataan itu dalam pertemuan dengan tentara dari Kompi Bendera Merah Kedua di bawah kendali Biro Umum Peluru Kendali, yang berpartisipasi dalam peluncuran rudal balistik antara benua (ICBM) Hwasongpho-18 pada Senin, kata kantor berita negara itu, KCNA.

Baca Juga :  Uni Eropa Minta Israel Hentikan Serangan ke Rafah

Dia menyebut peluncuran ICBM baru-baru ini yang terbilang sukses sebagai pesan jelas mengenai kemampuan serangan balasan yang dimiliki Korea Utara.

Kepada tentara, Kim menyatakan peluncuran itu adalah contoh tepat dari evolusi strategi nuklir negara tersebut.

Dia menegaskan bahwa Korea Utara memiliki doktrin untuk tidak ragu-ragu melancarkan serangan nuklir ketika musuh memprovokasi mereka dengan nuklir.

Pemimpin Korea Utara itu mengklaim bahwa peluncuran ICBM telah ‘mengagetkan’ Amerika Serikat, dan menuduh Amerika Serikat menjadi penyebab ketegangan di wilayah itu.

Baca Juga :  Studi Ungkap Potensi 86.000 Kematian jika Perang Israel Berlanjut

Sementara itu, para menteri luar negeri AS, Korea Selatan dan Jepang serempak mengutuk Korea Utara karena pekan ini meluncurkan rudal berturut-turut. Dia mendesak Pyongyang agar berhenti membuat provokasi.

Dalam pernyataan bersama, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, Menlu Korea Selatan Park Jin dan Menlu Jepang Yoko Kamikawa menyebut peluncuran peluru kendali  sebagai “ancaman besar terhadap wilayah itu.”

Baca Juga :  AS Selalu jadi Biang Keladi Pendudukan Palestina

Provokasi terus menerus Pyongyang menjadi ancaman besar bagi Semenanjung Korea, kawasan dan perdamaian serta keamanan internasional, selain melemahkan rezim non proliferasi global, kata Yonhap News mengutip pernyataan para menteri luar negeri itu.

Korea Utara sudah lima kali meluncurkan ICBM sepanjang tahun ini.

Sumber: Anadolu / Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *