Pemprov Kaltara Siapkan Regulasi Tata Kelola Pemanfaatan Jalan Provinsi

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terus berbenah dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya yang dimiliki. Di antaranya adalah aset jalan yang merupakan Barang Milik Daerah (BMD).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR-PERKIM) Provinsi Kaltara, Erni menjelaskan Dinas PUPR-PERKIM selaku perangkat daerah pemrakarsa, telah menyusun regulasi berupa rancangan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) perihal tata kelola pemanfaatan dan penggunaan bagian-bagian jalan provinsi.

Baca Juga :  Dinkes Kaltara Sebut Dokter Terbang 2024 Siap Layani Masyarakat di Perbatasan dan Kepulauan

“Saat ini draft-nya sudah kita serahkan ke Biro Hukum untuk selanjutnya difasilitasi pembahasannya di tingkat pusat,” jelasnya kepada benuanta.co.id, Jumat, 8 Desember 2023.

Dengan adanya regulasi tersebut nantinya dapat meningkatkan peluang pendapatan asli daerah (PAD) melalui pengelolaan aset jalan. Pengelolaan dimaksud yaitu pengenaan tarif sewa kepada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan bagian-bagian jalan di luar peruntukan jalan seperti pemasangan utilitas, reklame, iklan dan lainnya. Sedangkan bagian-bagian jalan yang dimaksud meliputi Ruang Manfaat Jalan (Rumaja) dan Ruang Milik Jalan (Rumija).

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Buka Forum Komunikasi Publik RSUD dr. H. Jusuf SK

“Kita juga berharap agar ke depan masyarakat dan pelaku usaha juga tertib dalam mematuhi regulasi penggunaan jalan,” ucapnya.

Dirinya mencontohkan pelaku usaha yang tertib dan mematuhi regulasi penggunaan jalan yakni tidak mendirikan bangunan di atas trotoar atau di atas drainase jalan, tidak mengangkut muatan berlebih melintasi jalan umum tanpa ijin dari penyelenggara jalan.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Optimis Tingkatkan PAD 2024

“Hal ini dimaksudkan agar umur manfaat jalan bisa lebih lama di samping itu juga untuk menjaga keselamatan pengguna jalan” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *