Titik Longsor Jalan Gunung Selatan Ditangani Pemprov Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang pada Sabtu, 2 Desember 2023 meninjau penanganan longsoran di Jalan Gunung Selatan, Tarakan yang sedang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR-PERKIM) Provinsi Kaltara.

Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara, Ir. Helmi melalui Kepala Bidang Bina Marga, Erni, mengatakan bahwa pekerjaan tersebut dikerjakan secara maraton dan ditargetkan selesai pada akhir Desember 2023 ini.

Baca Juga :  Nilai Investasi di Kaltara Selama Tahun 2023 Tercatat Rp 27 Triliun

“Penanganan yang dilakukan sepanjang 50 meter dan kita upayakan agar bisa selesai pada akhir Desember ini. Saat ini pekerjaan mayor sudah hampir tuntas” ungkap Erni kepada benuanta.co.id, Rabu 6 Desember 2023.

“Pekerjaan mayor sendiri berupa perkuatan tanah dengan bored pile dan geosintetik. Setelah itu akan dilakukan perbaikan struktur badan jalan yang terdampak longsor,” jelasnya.

Baca Juga :  Alokasi APBN 2024 ke Kaltara Menurun Dibandingkan Tahun 2023

Dia menuturkan bahwa di ruas Jalan Gunung Selatan memang terdapat beberapa titik rawan longsor karena kontur yang berbukit dan karakteristik tanahnya yang cenderung labil. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada manakala melintasi jalan tersebut utamanya pada musim penghujan dan pada malam hari. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *