Banyak Pulau Kecil, Berau Diwacanakan Hadirkan Pesawat Amfibi

benuanta.co.id, BERAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau terus berupaya memajukan sektor transportasi udara di Bumi Batiwakkal.

Kepala UPBU Kalimarau, Ferdinan menerangkan, Kabupaten Berau ini sangat berpotensi untuk mendatangkan pesawat amfibi mengingat banyak pulau-pulau kecil yang tidak memiliki bandara.

“Sedangkan pesawat amfibi ini tidak membutuhkan bandara di daratan. Pesawat itu nantinya langsung landing di air. Dengan demikian kita tidak perlu membangun bandara,” ucapnya Rabu (6/12/2023).

Saat ini di Indonesia ada 10 bandara water base yang dimiliki oleh Kemenhub. Salah satu yang ditunjuk kemenhub yaitu Kabupaten Berau untuk disediakan penerbangan antar pulau menggunakan pesawat amfibi.

Baca Juga :  Sangat Setuju TPA Bujangga Jadi RTH

“Dari 10 itu, Berau masuk salah satu kandidat yang akan ditaruh pesawat amfibi milik Kemenhub, karena potensi wisata yang ada di Berau sangat menjanjikan,” bebernya.

“Rencana itu di Pulau Maratua dan Pulau Derawan atau di Bidukbiduk, namun saya lebih mengutamakan Pulau Derawan, karena di Pulau Maratua sudah ada landasan di darat,” tambahnya kepada benuanta.co.id.

Dijelaskannya bahwa selain dipergunakan untuk wisatawan, masyarakat lokal pun bisa menggunakan atau menyewa pesawat tersebut, untuk keperluan medical emergency.

Baca Juga :  Iseng Duduk dan Lihat Ada Kunci, Penjaga Kandang Ayam Keciduk Curi Motor

“Harapan saya itu bisa bermanfaat untuk masyarakat Berau. Tidak bermaksud menutup rezeki para motoris, namun nanti kita kembalikan ke masyarakat lagi mau memilih menggunakan transportasi apa. Kalau pesawat tentu lebih mahal, namun lebih cepat dan view selama perjalanan lebih bagus,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Muhammad Said mengatakan, wacana tersebut sangat disambut positif oleh Pemkab Berau

Apalagi Berau memang banyak memiliki pulau yang berpotensi dengan wisatanya.

“Kabupaten Berau ini kan menjadi mitra Ibu Kota Nusantara, tentu kesiapan atau kemajuan transportasi harus kita mulai dari sekarang,” ucapnya.

Baca Juga :  Gedung Ambruk, UPT Puskesmas Gunung Tabur akan Dilakukan Tindakan Darurat

Selain itu, pihaknya menjelaskan untuk segi pembiayaan belum bisa diperkirakan berapa yang dibutuhkan.

“Untuk segi pembiayaan memang kita belum tahu, karena nanti ada pertemuan lagi yang membahas lebih rinci. Intinya dari Pemkab tentu sangat mendukung hal ini demi kemajuan transportasi yang ada di Berau dan kemajuan pariwisata,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *