Bandara Kalimarau Bakal Bangun Helipad, Bisa Tampung 3 Helikopter

benuanta.co.id, BERAU – Dalam rangka meningkatkan moda transportasi udara di Bumi Batiwakkal Bandara Udara BLU kelas I Kalimarau rencana akan membangun sebuah heliped dalam waktu dekat ini. Nantinya Helikopter dan Helipad tersebut akan bisa di sewa oleh seluruh masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Oprasional dan Teknik UPBU Kalimarau, Budi Sarwanto dan hari ini pihak dari PT WhiteSky selaku pemilik moda transportasi Helikopter telah datang ke Bandara Udara BLU kelas I Kalimarau.

“Sebelum mereka datang ke sini untuk melihat lokasi yang nantinya akan di bangun heliped, pihak kami telah melakukan penandatanganan kerja sama antara Bandara Udara BLU kelas I Kalimarau untuk membuat moda transportasi via Udara menggunakan helikopter,” ujarnya Senin (4/12/2023).

Dijelaskannya Pihak dari PT WhiteSky sendiri nanti tidak hanya membangun heliped. “Namun juga mereka akan menaruh satu unit helikopter di heliped tersebut, yang kemudian hari helikopter itu bisa di disewa oleh seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pj. Gubernur Kaltim Sebut Masih Review UU Cipta Kerja

“Jadi masyarakat bisa menyewa nantinya, mungkin para pengusaha, atau untuk berwisata, bahkan untuk medical emergency juga bisa, ketika ada yang sakit dan harus berobat ke luar daerah bisa menggunakan helikopter tersebut,” tambahnya kepada benuanta.co.id.

Untuk saat ini, kata dia memang belum ada helikopter carter yang stanbye di Bandara Udara BLU Kelas I Kalimarau,

Namun, Budi menambahkan untuk saat ini dalam sebulan ada 3 bahkan 4 kali penerbangan helikopter yang melayani dari luar daerah ke Kabupaten Berau yang biasanya itu hanya di lakukan oleh para pengusaha.

“Bisa saja para pengusaha menyewa untuk visit ke perusahaan via Udara, atau kepentingan yang lain seperti di gunakan untuk menuju tempat wisata,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Penerbangan WhiteSky, Ari Nurwanda mengatakan bahwa tim dari WhiteSky datang ke Bandara BLU Kelas I Kalimarau ini untuk menindaklanjuti penandatanganan kerja sama pada bulan Juni lalu.

Baca Juga :  Dapat Lahan Hibah, Optimis Pelayanan Kampung Bisa Maksimal

“Kerja samanya ini ialah untuk meningkatkan fasilitas yang ada di Kalimarau yaitu heliped itu sendiri,” tuturnya.

Ari menambahkan bahwa Berau punya pertumbuhan industri baik di bidang perusahaan maupun wisata yang terbilang cukup pesat.

“Oleh sebab itu kami mau menjalani kerja sama dengan Bandara Kalimarau. Dengan adanya heliped ini, bisa menambah helikopter yang masuk ke Kabupaten Berau,” bebernya

Dijelaskannya Helipad yang bakal di bangun sekitar komplek Bandara Kalimarau Tanjung Redeb bisa menampung tiga helikopter.

“Heliped ini nanti tidak hanya untuk kami saja, tapi pihak helikopter lainnya bisa mendarat di heliped tersebut, karena bisa menampung 3 helikopter,” tambahnya.

Terkait pembangunan heliped itu sendiri, kata dia secepatnya bakal terlaksana setelah usai kegiatan peninjauan.

Baca Juga :  Diduga Rem Blong, Truk Muatan Alat Berat Kecelakaan Sebabkan Pengemudi Meregang Nyawa

“Karena dari pihak Bandara Kalimarau sendiri menyiapkan lahan seluas 7000 meter persegi, tentu dengan lahan yang ada harapannya lebih banyak helikopter yang masuk selain dari PT WhiteSky,” ungkapnya.

Pihaknya pun bakal upayakan penerbangan Helikopter tersebut bisa beroperasi hingga ke Balikpapan.

“Tak hanya untuk di Kabupaten Berau, nantinya rute helikopter itu bisa sampai ke Balikpapan, jadi harapan dengan adanya helikopter ini nanti bisa memudahkan masyarakat dalam bepergian terlebih ada emergency yang membutuhkan waktu cepat mungkin bisa menggunakan helikopter,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2678 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *