Bastian Lubis Didapuk Jadi Ketua Gibran Center Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Bastian Lubis terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gibran Center untuk wilayah Kalimantan Utara (Kaltara).

Terpilihnya pria yang juga menduduki kursi Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan Organisasi Gibran (TGUPP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ini merupakan salah target tim pemenangan dalam memenangkan Parbowo-Gibran di Bumi Benuanta, sebutan lain Provinsi Kaltara.

Bastian mengatakan, fokus utama Gibran Center sendiri yaitu mengkampanyekan dan akan menindaklanjuti program dan kegiatan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Salah satu program yang dimaksud terkait peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan di sini kita komitmen untuk mendukung Gibran dan melanjutkan program presiden Jokowi,” kata Bastian Lubis, Kamis, 30 November 2023.

Baca Juga :  Rekapitulasi Hasil dan Penghitungan Suara akan Berlangsung Malam Ini

Bastian mengungkapkan, berdasarkan pada penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), potret SDM di Kaltara masih belum terlalu kuat jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Sehingga adanya program yang menguatkan SDM lokal juga perlu dihadirkan untuk membangun Kaltara.

“Berkenaan itu, maka Gibran Center Kaltara memasukkan program 1.000 beasiswa untuk anak- anak Kaltara di Universitas Patria Artha, disponsori langsung Yayasan Patria Artha,” ujarnya.

Ia menambahkan setelah adanya penguatam pada SDM lokal, maka program selanjutnya yang akan dilakukan adalah mendorong eksistensi dari pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga :  Anggaran Pilkada Tahap Kedua Diberikan dalam Waktu Dekat

Menurutnya, Gibran Center ini juga akan berfokus pada kelompok masyarakat di akar rumput. Di mana Gibran Center Kaltara akan meninjau keberlanjutan program dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang diperuntukkan bagi Kaltara. Khususnya dalam posisi Kaltara sebagai salah satu daerah penyangga Ibukota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Kami juga akan mengantisipasi kesiapan sdm untuk menghadapi berjalannya Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning. Kami mengupayakan agar sebesar-besarnya tenaga kerja dari Kaltara, jangan sampai banyak orang luar yang justru masuk karena lebih siap,” terangnya.

Baca Juga :  Prabowo: Kampanye telah Selesai, kita Harus Bersatu Kembali

Tak sampai di situ, ia membeberkan Gibran Center Kaltara nantinya juga akan hadir dalam mendukung peningkatan kapasitas pelaku UMKM. Mereka diupayakan bisa memperluas jangkauan pasar di luar daerah dan meningkatkan daya saing.

“Ini yang harus dikoordinir sehingga punya daya saing ke luar, karena harus kita akui juga kalau produk lokal Kaltara saat ini juga sudah mulai banyak peminatnya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *