Arsenal pastikan tiket 16 besar setelah menang 6-0 atas Lens

Jakarta – Arsenal memastikan tiket 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup B setelah menang besar 6-0 atas tamunya Lens, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Emirates, London, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Pasukan Mikel Arteta hanya memerlukan satu poin untuk memastikan lolos ke fase gugur, tetapi mereka justru menghancurkan klub Prancis yang bertamu ke London dengan kemenangan setengah lusin gol tanpa balas.

Kai Havertz, Gabriel Jesus, Bukayo Saka, dan Gabriel Martinelli membobol gawang Lens dalam rentang waktu 27 menit. Martin Odegaard menambahi gol kelima tepat sebelum turun minum, dan Jorginho mencetak gol pertamanya untuk Arsenal melalui penalti di menit-menit akhir untuk melengkapi kemenangan terbesar mereka musim ini, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dengan satu pertandingan tersisa, The Gunners dipastikan akan finish di posisi pertama dengan keunggulan empat poin dari PSV Eindhoven.

Baca Juga :  MU Segel Kemenangan atas Luton Town Berkat Dua Gol cepat Hojlund

PSV memastikan posisi kedua Grup B berkat kekalahan Lens dan kemenangan mereka atas Sevilla pada laga yang dimainkan lebih awal pada hari Rabu.

Mengakhiri fase grup di posisi puncak membuat Arsenal akan memiliki keuntungan bermain di kandang pada leg kedua babak 16 besar.

Arteta mengakui pada pekan ini bahwa ia masih ingin membuktikan sesuatu di Eropa saat ia menghadapi Liga Champions pertamanya sebagai pelatih.

Pelatih asal Spanyol tersebut berhasil membawa Arsenal kembali ke Liga Champions setelah absen tujuh tahun, tetapi pencapaiannya di level Eropa hanya sampai semifinal Liga Europa 2021.

Dengan Arsenal juga memuncaki klasemen Liga Inggris, musim ini berpotensi menjadi musim yang sangat positif bagi tim London Utara tersebut.

Sedangkan bagi Lens, Ini merupakan malam yang menyedihkan bagi klub yang sudah dipastikan tersingkir itu, di mana sejumlah penggemar mereka kedapatan melemparkan suar ke dalam lapangan.

Baca Juga :  AS Roma Kembali ke Jalur Kemenangan Setelah Hajar Frosinone 3-0

Lens telah memberikan satu-satunya kekalahan di fase grup bagi Arsenal pada Oktober silam, tetapi The Gunners membalas dendam dengan sangat meyakinkan.

Arsenal memulai pesta gol mereka pada menit ke-13 ketika Jesus menyundul umpan silang Takehiro Tomiyasu ke Havertz, dan Havertz menaklukkan kiper Brice Samba yang lambat bereaksi dari jarak dekat.

Tuan rumah kembali memaksimalkan pertahanan Lens yang buruk pada menit ke-21. Saka bergerak cepat membawa bola ke tepi kotak penalti, di mana dua bek Lens bertabrakan saat bola bergulir ke Jesus, yang mencungkil bola melewati pemain lawan sebelum mengkonversinya menjadi gol dari jarak dekat.

Arsenal terus menggebrak, dan mereka kembali mencetak gol dua menit kemudian. Martinelli meluncur ke dalam kotak penalti untuk tembakan yang ditepis Samba ke arah Saka, untuk kemudian dilesakkan masuk ke gawang Lens.

Pasukan Arteta belum selesai berpesta, dan Martinelli mengecoh Przemyslaw Frankowski dengan berlari berputar sebelum melepaskan tendangan akurat ke sudut jauh gawang pada menit ke-27.

Baca Juga :  Inter Perbesar Keunggulan di Pucuk Klasemen Menjadi Sepuluh Poin

Ini merupakan catatan waktu tercepat untuk tim Inggris yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan Liga Champions, menyamai catatan waktu 27 menit milik Manchester United saat melawan Brondby pada tahun 1998.

Untuk menutup aksi mereka pada babak pertama, Arsenal mencetak gol kelima pada waktu tambahan saat umpan silang Tomiyasu menemui Odegaard, yang memanfaatkan kelengahan pertahanan Lens untuk menyelesaikan serangan menjadi gol.

Arsenal menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang memiliki lima pencetak gol berbeda pada babak pertama.

Jorginho menutup pesta gol Arsenal saat ia mengeksekusi penalti pada menit ke-86, yang didapat akibat handball Abduqodir Khusanov di kotak terlarang Lens.

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *