UMKM Malinau Diharapkan Merangkul Penggiat Usaha Kecil

benuanta.co.id, MALINAU – Peran besar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bidang ekonomi daerah cukup di perhitungkan. Hal ini yang mendorong pemerintah daerah melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) membentuk komunitas UMKM.

Kepala Disperindag Kabupaten Malinau, Yuli Triana saat dikonfirmasi mengungkapkan jumlah UMKM yang tersebar di Kabupaten Malinau diangka 4500 penggiat usaha. Namun jumlah ini belum masuk dalam daftar tetap Disperindag.

“Untuk BPS 2021 jumlah yang terdata itu ada 2500 namun sebenarnya secara keseluruhan itu ada 4500 pelaku usaha tetapi belum terdata semua,”

Pihaknya juga mengatakan saat ini Perindag masih menunggu data pasti dari Badan Pusat Statistik (BPS) berapa yang menjadi jumlah sebenarnya untuk UMKM Malinau.

“Data BPS yang menjadi acuan kita karena itu merupakan data resmi seluruh Indonesia. Dari BPS sendiri sudah mendata dan informasi awal yang mereka sampaikan ke saya itu sekitar empat ribu lebih, namun data ini belum resmi,” katanya.

Harapannya dengan pembentukan komunitas ini dapat membantu pemerintah daerah untuk merangkul dan mengumpulkan seluruh penggiat usaha yang termasuk dalam UMKM.(adv)

Reporter: Ratih

Editor: Ramli

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *