Disdik Minta Sekolah Aktif Cegah Kekerasan Guru ke Murid

benuanta.co.id, BERAU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Berau berupaya mencegah kekerasan di dunia pendidikan.

Salah satu langkah yang dilakukan yakni memberikan imbauan dan kepala sekolah harus rutin pengawasan ke setiap kelas dan guru pengajar.

Sekretaris Disdik Kabupaten Berau, Ambo Sakka mengatakan, kekerasan di dunia pendidikan memang sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan.

“Pasalnya hal ini sering terjadi, ketika kita berbicara kekerasan di dunia pendidikan, itu memang sesuatu hal yang otomatis, situasinya memang mungkin tidak mendukung atau mungkin miskomunikasi,” ungkapnya Senin (18/9/2023).

Baca Juga :  Kajari Berau Pantau Dua OPD Terkait PAD

Namun pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut, dengan melakukan imbauan agar tidak terjadi tindak kekerasan di dunia pendidikan tersebut.

“Juga melakukan antisipasi dengan perantaraan pengawas melewati tim penilai sekolah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Ia mengatakan, ketika itu terjadi maka pihaknya akan mengembalikan kepada faktor lingkungan. “Kemudian manusianya dan situasional, yang pada mulanya mungkin ada yang tidak memungkinkan sehingga bisa terjadi,” ujarnya.

Baca Juga :  Gamalis Siap jadi Bupati atau Wakil, Sinyal Pisah dengan Petahana

Oleh sebab itu, Ambo berharap hal-hal seperti ini tidak terjadi di sekolah-sekolah yang ada.

“Kalau kita melihat perubahan daerah banyak yang terjadi seperti itu, tetapi setelah ditelusuri ternyata ada miskomunikasi,” bebernya.

Dikatakannya, sampai dengan saat ini khususnya di Kabupaten Berau tindak kekerasan terhadap pengajar belum terjadi.

“Tetapi kami selalu memantau dan menjaga sekolah senantiasa kondusif melewati pengawasan dan melakukan kegiatan sosialisasi. Sesekali kita juga melakukan kegiatan-kegiatan ke kampung-kampung,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Harap Lestarikan Peninggalan Sejarah Naskah Kuno ke Bentuk Digital

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2043 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *