545 Orang Pengangguran di Tarakan Belum Dapatkan Pekerjaan

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Tarakan mendata 746 pencari kerja di Tarakan per Januari 2023 hingga Juni 2023. Pencari kerja tersebut berasal dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga Sarjana.

Kepala Disnakertrans Tarakan, Agus Sutanto, S.SOS, M.AP mengatakan, lowongan pekerjaan yang terdaftar per Januari hingga Juni sebanyak 201 lowongan pekerjaaan dari perusahaan-perusahaan besar yang telah melapor.

“201 lowongan semuanya Alhamdulillah sudah terisi,” jelas Agus, Kamis (20/7/2023).

Dari 746 pencari kerja yang terdata hanya 201 lowongan yang terisi sehingaa saat ini terdapat 545 orang lagi yang belum mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga :  Meninggal Dunia, Jemaah Haji Asal Tarakan Dimakamkan di Janatul Mu'Alla  

Adapun rincian pendataan pencari kerja di Kota Tarakan di tahun 2023 yaitu pencari kerja dari jenjang SD sebanyak 6 orang, SMP 15 orang, SMA/SMK 475 orang, Diploma 27 dan S1 terdapat 223 orang. Sedangkan untuk lowongan pekerjaan menurut jenjang pendidikan dan menurut penempatan kerja, SD berjumlah 24 lowongan, SLTP 22 lowongan, SLTA 109 lowongan, diploma 3 lowongan dan S1 43 lowongan.

Baca Juga :  Pia eks Utopia Bakal Hibur Warga Tarakan di Taman Berkampung 

Berdasarkan data yang ada jenjang pendidikan yang paling banyak di cari oleh perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan adalah jenjang pendidikan SMA atau STLA. Agus juga menyampaikan pihakanya membuka pelayanan pencari kerja yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran yang ada di Tarakan.

“Bisa untuk konsultasi penempatan kerja dan jabatan untuk mencari pekerjaan atau bisa juga untuk peningkatan kompetensi kerja,” paparnya.

Menurutnya pekerjaan tidak hanya ada di sektor formal saja namun, juga tersedia di sektor non formal, ia berharap masyarakat yang sedang mencari pekerjaan tidak berpatok dengan lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan atau pun di pemerintahan.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Berikan Bonus pada Pemenang MTQ Tingkat Provinsi

“Kita bisa buka kafe, buka warung, punya usaha industri kecil itu kan bisa,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *