Dua SMP di Berau Terima Penghargaan Adiwiyata Provinsi 

benuanta.co.id, BERAU – SMP Negeri 3 Tanjung Redeb dan SMP Negeri 5 Sambaliung meraih penghargaan adiwiyata tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor pada puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 di Samarinda yang diterima Kepala SMP N 3, Retno Kustiyah dan Kepala SMP N, Wiyono.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, didampingi Pengawas Lingkungan Ahli Muda, Sri Utami Wardhani, mengungkapkan pada tahun ini Berau mengusulkan dua sekolah ke tingkat provinsi dan setelah melalui proses penilaian dan verifikasi keduanya lolos dan kini menyandang status sekolaj adiwiyata tingkat provinsi.

Penghargaan ini disebutkannya semakin menambah jumlah sekolah yang berstatus sekolah adiwiyata.

“Alhamdulillah dua sekolah yang kita usulkan bisa lolos dan menerima penghargaan sekolah adiwiyata,” ungkapnya Sabtu (17/6/2023).

Menjadi sekolah adiwiyata dijelaskan Utami tidak hanya dukungan sarana dan prasarana tetapi seluruh pihak di lingkungan sekolah maupun dari masyarakat dan juga pihak swasta.

Salah satu sekolah penerima penghargaan, yakni SMP N Sambaliung adalah sekolah adiwiyata yang turut mendapat dukungan pembinaan dari PT Buma, salah satu perusahaan pertambangan di Kabupaten Berau.

“Dukungan dari pihak swasta semacam ini yang tentu juga turut mempercepat terwujudnya sekolah adiwiyata,” ujarnya.

Saat ini di Kabupaten Berau tercatat telah ada 80 sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, 30 sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan telah ada dua sekolah yang telah menyandang status sekolah adiwiyata nasional.

Terpisah, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menambahkan secara khusus memberikan apresiasi kepada sekolah yang telah meriah penghargaan sebagai sekolah adiwiyata.

“Penghargaan ini tentu menanbah catatan sekolah berprestasi di Bumi Batiwakkal,” ucapnya.

Bupati berharap prestasi ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk terus mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.

“Ini menjadi catatan prestasi bagi Berau dan saya berharap ini dapat terus ditingkatkan,” pungkasnya. (*) 

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *