Bupati Berau Resmikan Outlet Rumah Kemas Batiwakkal

benuanta.co.id, BERAU – Sebagai bentuk perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kepada industri kreatif rumahan yang bergerak pada pangan dan barang. Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, meresmikan rumah kemas batiwakkal pusat oleh-oleh Berau dan cafe di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan turut mengapresiasi kepada pihak PT Berau Coal yang telah merumuskan adanya rumah kemas sebagai pusat oleh-oleh khas Berau.

“Sebagai pusat hasil UMKM dari Kabupaten Berau tentunya ini langkah awal yang baik untuk menumbuh kembangkan potensi dari beragam jenis potensi kearifan lokal yang ada di Bumi Batiwakkal pada sektor pangan dan barang,” ungkapnya Kamis (15/6/2023).

Pasalnya pengembangan UMKM dapat sejalan dengan sektor pariwisata untuk sama-sama saling melengkapi dan muaranya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya para pelaku UMKM dan penyedia jasa pariwisata di Kabupaten Berau.

Sebab perkembangan terkini sektor UMKM sudah seirama dengan pariwisata di Bumi Batiwakkal yang sama-sama saling melengkapi.

“Tentu muaranya kepada upaya meningkatkan perekonomian pelaku usaha rumah industri pangan dan barang khas Bumi Batiwakkal termasuk penyedia jasa pariwisata,” ujarnya.

Kemudian kehadiran rumah kemas pusat oleh-oleh ini sangat berpotensi terus dicari para pelancong berlibur ke Kabupaten Berau.

“Apalagi bagi pelancong berwisata baik dari domestik maupun mancanegara pastinya akan mencari dan membeli oleh-oleh khas Berau. Jadi saling berhubungan satu sama lain,” ucapnya.

Selain itu, Sri Juniarsih mengatakan, dengan adanya rumah kemas ini dapat membangkitkan kreativitas dan semangat berkarya bagi para pegiat UMKM dalam mengenali potensi di setiap kampung.

“Termasuk dapat menimbulkan iklim yang kompetitif berbasis kearifan lokal. Begitu juga kehadiran Rumah Kemas Batiwakkal ini akan meningkatkan peluang ekonomi kreatif di kota kita tercinta ini,” bebernya.

Bahkan Sri Juniarsih menilai peran Kabupaten Berau saat ini juga salah satu sebagai daerah penyokong IKN pada masa mendatang.

“Tetapi juga dapat memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat agar semakin mandiri dari sisi ekonomi,” tuturnya.

Sri Juniarsih pun berharap, dukungan dan sinergitas dari semua pihak, khususnya PT Berau Coal agar terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM dalam meningkatkan produk, dari segi legalitas hingga pemasarannya.

“Mari bersama-sama beri dukungan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM kita. Kalau bukan kita siapa lagi,” jelasnya.

Terpisah, Direktur Operasional dan HSE PT Berau Coal, Arief Wiedhartono menambahkan bahwa PT Berau Coal hingga sekarang telah melakukan berbagai macam upaya dalam melakukan pengembangan UMKM di Kabupaten Berau.

Di antaranya melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan Community Enterprise Development (CED).

“Kami telah melakukan pengembangan ekonomi masyarakat di kampung dampingan dan UMKM di Berau, melalui pendampingan yang dilakukan secara konsisten, mulai dari pelatihan, dukungan prasarana hingga proses pemasarannya,” imbuhnya.

Alhasil, inilah awal mula Berau Coal dari pembuatan rumah kemas bagian dari upaya hilirasi untuk produk-produk kampung dampingan dan UMKM di Kabupaten Berau.

“Rumah Kemas ini kami canangkan sebagai pusat oleh-oleh dan cafe sebagai sentra produk dan pendampingan UMKM serta wadah berkumpulnya masyarakat Berau, khususnya para generasi muda untuk berkarya dan berkreasi,” ujarnya.

Hal ini menurut Arief, merupakan upaya dalam mendorong peningkatan ekonomi yang berkelanjutan di Kabupaten Berau.

“Semangat Batiwakkal menjadi pendorong bagi kami agar terus dapat memberikan manfaat untuk masyarakat melalui Rumah Kemas,” ucapnya.

Termasuk mewakili manajemen PT Berau Coal, Arief menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Berau dan seluruh pihak yang terkait atas dukungan dan sinergi yang terjalin dengan baik selama ini bersama seluruh mitra kerja.

“Semoga sinergitas yang baik ini dapat terus memberikan manfaat positif bagi masyarakat Bumi Batiwakkal,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2846 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *